Peningkatan Keterampilan Mencatat Siswa melalui Layanan Konten “Mind Mapping”

Birrul Walidaini

Abstract


Keterampilan mencatat adalah salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa. Namun siswa tidak memiliki keterampilan mencatat. Hal ini akan berdampak pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mencatat melalui layanan konten “mind mapping”. Adapun hasi penelitian menunjukkan siswa yang mengimplementasikan mind mapping pada proses pembelajaran akan mengamati atau memperhatin guru, membaca buku referensi, kemudian mencatat secara ringkas dan padat materi yang disampaikan menggunakan Bahasa sendiri dan dengan kemampuan ataupun kreativitas yang dimilikinya.

References


Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35

Aswir, & Misbah, H. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Photosynthetica, 2(1), 1–13.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Elliot, S. N., Kratochwil, T. R., Lilttlefield, J., & Travers, J. 2001. (2001). Educational Psychology: Effective teaching, effective learning. McGraw-Hill Bookco.

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester Iia Pgsd. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 112–121.

Folastri, S. (2013). Perbedaan Keterampilan Belajar Siswa Berprestasi Tinggi Dan Berprestasi Rendah Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Konselor, 2(1), 167–173. https://doi.org/10.24036/0201321726-0-00

Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 138. https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099

Hidayat, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Pada Mata Diklat Embedded.

Hidayati, U. (2015). Pengaruh Efek Samping Pemberian Terapi Antiretroviral Terhadap Kepatuhanterapi Antiretroviral Pada Pasien Hiv/Aidsdi. In Keperawatan undip (Vol. 1, Issue 1).

Hidayati, U. N. (2019). Lampiran Instrumen. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar.

Kalelioǧlu, F., & Gülbahar, Y. (2013). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Educational Technology and Society, 17(1), 248–258.

Keterampilan Belajar. (2008). ANDI.

Maiseptian, F., Dewita, E., & Rosdialena, R. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Remaja. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(1), 102–117.

Maulana, R., & Hidayati, N. W. (2017). Mahasiswa Ikip Pgri Pontianak. 4(2), 198–205.

Penelitian, A., Studi, P., Dan, B., Pendidikan, J. I., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tanjungpura, U. (2016). Layanan Penguasaan Konten Oleh Guru Bimbingan Konseling Pada Siswa Kelas Viii Smpn 3 Pontianak Bimbingan Konseling Pada Siswa Kelas Viii Smpn 3 Pontianak.

Penelitian, A., Yunani, L., Studi, P., Ekonomi, P., Sosial, J. P. I., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tanjungpura, U. (2017). Identifikasi faktor penyebab kesulitan mencatat transaksi ke jurnal umum perusahaan jasa sma wisuda pontianak.

Prayitno. (2007). Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah menengah Kejuruan. Penebar Aksara.

Puspitarini, C. A. (2016). Keefektifan layanan penguasaan konten dengan teknik.

Tohiirin. (2007). No Title. Raja Grafindo Persada.

Umi, K. (22013). Classroom Action Research Journa. Jurnal Pionir, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.17977/um013v2i32018p127

Walidain, B. (2020). Keterampilan Belajar Mahasiswa di Masa COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(2), 55–60.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3886

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.