Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Konselor dan Motivasi Siswa dalam Mengikuti Konseling

Syarifah Ainy Rambe

Abstract


Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang berperan besar dalam upaya membantu siswa dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal berperan keberhasilan siswa dalam menjalankan tugas-tugas perkembangan, melalui program sekolah yang menarik, menyenangkan, memotivasi, serta memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan positif. Konselor merupakan salah satu pendidik disekolah. Kompetensi akademik dan profesional. Kompetensi ini secara keseluruhan menjadi acuan bagi konselor dan mendorong individu untuk melakukan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Dengan menggunakan pengolahan data berdasarkan instrument, dilakukan di Madraasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan menggunakan sampel sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskripsi data, uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Deskripsi data pada penelitian ini menggunakan persentase tingkat pencapaian responden. Berdasarkan temuan dilapangan, maka dapat dikemukakan kesimpulan: 1) Hasil temuan persepsi siswa tentang kepribadian Konselor tergolong pada kategori tinggi, 2) Hasil temuan motivasi siswa untuk mengikuti konseling berada pada kategori tinggi, 3) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi tentang kepribadian konselor dan motivasi mengikuti konseling pada siswa. Artinya semakin baik persepsi siswa tentang kepribadian Konselor maka semakin tinggi motivasi siswa mengikuti konseling.

References


Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Disiplin Siswa: Tinjauan Berdasarkan Persepsi Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1), 15–22.

Arifudin, O., Sofyan, Y., Sadarman, B., & Tanjung, R. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arisandy, D., & Passalowongi, M. (2021). Persepsi Klien Tentang Keefektifan Konselor dalam Melaksanakan Konseling Individual Ditinjau dari Tingkat Pengalaman Kerja. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 11–24.

Dewita, E., Maiseptian, F., Murisal, M., & Zuwirda, Z. (2022). Tinjauan Pendidikan Dan Konseling Islam Dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125. Menara Ilmu, 16(1).

Gainau, M. B. (2009). Keterbukaan diri (self disclosure) siswa dalam perspektif budaya dan implikasinya bagi konseling. Jurnal Ilmiah Widya Warta, 33(1), 95–112.

Gunawan, Y. (1992). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454.

Nomor, U.-U. R. I. (14 C.E.). Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Prayitno, P., Afdal, A., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil: Dasar dan Profil.

Qurniati, Q., Dharminto, M., Hoiriyah, E., & Zahara, E. (2022). Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Ri Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Konselor Di Sma Bhakti Suci Jaya Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 4(2), 97–112.

Setyaningrum, D. (2013). Pengaruh persepsi siswa tentang layanan konseling individu dan persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian konselor terhadap minat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. State University of Surabaya.

Supriatna, M. (2009). Bimbingan dan Konseling Lintas Budaya. Materi PLPG PPB, FIP, UPI.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3880

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.