PENINGKATKAN HASIL BELAJAR LUAS BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS III SDN 13 PAUH

Ridania Ekawati

Abstract


Pembelajaran luas bangun datar pada siswa kelas III SDN 13 Pauh Kota Padang masih bersifat konvensional dan tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL terdapat 7 langkah yaitu: konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian otentik. Hasil penelitian yang dilakukan persentase rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dengan materi luas persegi adalah 80% pada siklus I pertemuan 2 dengan materi persegi panjang adalah 69%, siklus II pertemuan 1 dengan materi luas persegi dan persegi panjang adalah 90%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar yaitu tentang luas persegi dan persegi panjang.

References


Indriyastuti. 2012. Dunia Matematika Kelas IV SD. Solo: Tiga serangkai

Kunandar. 201. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press

Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran Pendekatan Individual. Bandung : Rancaekek Kencana




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i2.1544

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.