Implemantasi Tahfidz Qur-An Melalui Strategi “Subhaqu” Di Rumah Tahfidz Baitul ‘Ilmi UPTD SDN 11 Guguak VIII Koto

Rahmat Fajri, Suswati Hendriani

Abstract


UPTD SD Negeri 11 Guguak VIII Koto merupakan salah satu sekolah yang memiliki program Tahfidz Al-Qur’an. Hal yang menjadi permasalahan di dalam program Tahfidz Al-Qur’an tersebut dalam proses pembelajaran, terlihat dari belum maksimalnya pelaksanaan yang digunakan dalam manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Tujuan tulisan ini untuk mengetahui latar rendahnya capaian hafalan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa, UPTD SD Negeri 11 Guguak VIII Koto merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program Tahfidz Al-Qur’an. Perencanaan dilakukan dengan empat tahapan, seleksi, pengorganisasian dengan menentukan tugas dan mekanisme dalam proses pembelajaran, pelaksanaan ditandai dengan adanyan proses belajar mengajar, pembelajaran dilaksanakan dengan teknik “subhaqu”,  pengawasan dengan melakukan pemantauan melihat buku setoran santri dan mengabsen santri, faktor pendukung ialah dari lingkungan sekolah. Keberhasilan yang diraih UPTD SD Negeri 11 Guguak VIII Koto dapat dilihat dari hasil prestasi dengan meningkatnya hafalan siswa yang mengikuti program Tahfidz Al-Qur’an

References


Agratama, E. (2018). Rahasia Sukses Berhijrah. Elex Media Komputindo.

APIDAN, F. (2022). Perencanaan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Kota Tarakan dengan Pendekatan Arsitektur Islam. KURVA MAHASISWA, 11(2), 799–810.

Herma, T., & Kusyairy, U. (2020). Analisis Penerapan Metode Tabarak Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita Dan Anak Makassar. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 37–48.

Putra, A. A. (2017). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54.

Rohmatillah, S., & Shaleh, M. (2018). Manajemen Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Al-Azhar Mojosari Situbondo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(1), 107–267.

Warisno, A. (2019). Pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu lulusan pada lembaga pendidikan islam di kabupaten. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 3(02), 99–113.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i1.4249

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.