Upaya Guru dalam Mengembangkan Self Regulation Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 8 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keyakinan diri yang dimiliki oleh peserta didik dalam kemampuannya menguasai pelajaran. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang menyadari kemampuan dan potensi mereka dalam berpikir. Peserta didik juga memiliki motivasi yang rendah. Terbukti dengan keributan di kelas, tidak mendengarkan pelajaran, Keadaan demikian memicu kurangnya peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik juga menunjukkan perilaku yang tidak baik seperti suka bolos saat jam pelajaran, melanggar aturan yang sudah ditetapkan sekolah. Guru sudah berupaya untuk mengembangkan self regulation peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang.Fokus penelitian adalah bagaimana upaya guru dalam mengembangkan self regulation peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah upaya guru dalam mengembangkan self regulation aspek metakognitif, motivasi, perilaku peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru dalam mengembangakan self regulation aspek metakognitif, motivasi, perilaku peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Guru PAI, Peserta Didik, dan Wakil Kurikulum, yang diterapkan dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis kualitatif yaitu dengan urutan sebagai berikut: reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Upaya guru dalam mengambangkan dalam self regulation aspek metakognitif peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang, bentuk aspek metakognitif ialah perencanaan, penetapantujuan, evaluasi. (2) Upaya guru dalam mengembangkan self regulation aspek motivasi peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang, bentuk aspek motivasi ialah saling ketergantungan terhadap tugas, arah tujuan, kenyataan tugas. (3)Upaya guru dalam mengembangkan self regulation aspek perilaku peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang, bentuk aspek perilaku ialah penguatan positif dan penguatan negatif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V, Jakarta; Rineka Cipta, 2010
Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara, 2015
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta; Bumi Aksara, 2010
Hall, Nathan.Emotion, Motivation, And Sel Regulation, America: University Of Konstanz, 2013
Heru Basuki, dan Seto Mulyadi. Psikologi Pendidikan, Jakarta; PT. RajaGrafindo Persada, 2016
Jamaluddin, Pembelajaran PerspektifIslam, Bandung; PT Remaja Rosdakatya Offset, 2015, Cet. Ke 1, h. 30
Kristiyani, Titik. Self Regulated Learning, Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia, Yogyakarta; Sanata Dharma University Press, 2016
Moleong, J. Lexy. Metodoogi Penelitian Kualitatif, Bandung; PT. Remaja Rosda Karya, 2012
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta; Rajawali Pers, 2012
Mulyadi, Seto. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi, Jakarta; PT RajaGrafindo Persada, 2016
Nata, Abuddin. Psikologi Pendidikan Islam, Depok, Rajawali Pers, 2018
Ormard, Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jakarta; Erlangga, 2008
Rahman, Psikologi Sosial, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2014
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta; Kalam Mulia, 2005
Risnawita, dan Ghufron. Teori-teori Psikologi, Yogyakarta; Ar Ruzz Media, 2012
Shihab, Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta; Lentera Hati, 2002
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung; Alvabeta, 2014
Susanto, Ahamd. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta; Kencana, 2013
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20Tahun 2003, Jakarta; Sinar Grafika, 2009
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2608
Article Metrics
Abstract view : 353 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 337 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.