PENGARUH MEDIA TERHADAP PEMBELAJARAN BERMUTU DAN HANDAL

Armalena Armalena

Abstract


Belajar adalah upaya menciptakan kondisi yang sengaja dibuat agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah (difasilitasi). Dalam kegiatan pembelajaran yang perlu diperhatikan adalah pemilihan strategi yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Langkah pertama dalam setiap kegiatan pembelajaran adalah merumuskan tujuan pembelajaran. strategi pembelajaran adalah keputusan instruktur dalam menentukan berbagai kegiatan yang akan dilakukan, fasilitas dan infrastruktur yang digunakan, termasuk jenis media yang digunakan, bahan yang disediakan, dan metodologi yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Artikel ini berisi tentang sejarah munculnya media pembelajaran dan pada saat yang sama penggunaan berbagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa dengan mudah memahami suatu materi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembahasan artikel ini adalah metode penelitian pustaka yaitu metode mengeksplorasi berbagai referensi yang tersedia untuk mendapatkan kesimpulan yang baik. Dari pencarian, ditemukan bahwa pembelajaran yang berkualitas ditemukan dari penggunaan media yang tepat baik media sebagai alat untuk guru dalam belajar dan juga sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan sehingga pembelajaran dapat diterima dan dipahami oleh siswa.

References


Padmadewi, Ni, Nyoman dan Merlina, Putu, Dewi.2014. Asesmen Kurikulum. Yogyakarta: Graha Ilmu

Prawiradilaga, Dewi Salma, dan Siregar, Eveline. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: UNJ Press.

Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina.2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori danPraktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutirman, 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarya: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i2.1539

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1695 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.