Membangun Karakter Anak dalam Keluarga (Homeschooling dalam Aqidah Islam)

mahmud ali

Sari


Perkembangan teknologi abad 21 telah mengarahkan anak dalam bagian dari komunitas global sehingga mereka memerlukan keseimbangan dalam pendidikan. Home schooling memiliki peran penting dalam membangun karakter anak dengan pemenuhan keseimbangan perkembangan. Hal ini disebabkan pemberitaan tentang tindakan amoral yang dilakukan oleh anak seperti kekerasan, kecanduan napza, cyberbullying, cyberporn (pornografi lewat jaringan komputer). Tindakan amoral tersebut bukan mencerminkan ajaran Islam. Home schooling melalui aqidah Islam dirasa akan mampu menghadapi degradasi nilai moral. Home schooling berbasis aqidah Islam menjadi sebuah alternatif dalam pencarian sistem pendidikan yang sesuai bagi kebutuhan anak Alasannya ialah pendidikan merupakan bagian tanggung jawab keluarga dalam membentuk karakter anak untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Islam. Anak akan menjadi generasi yang terbaik bagi keluarga dan masyarakat (khairu ‘ummah). Hal tersebut karena rumah adalah sekolah pertama bagi anak.
Kata kunci: home schooling, keluarga, membangun karakter, aqidah Islam


Teks Lengkap:

Hal 114-122

Referensi


al-Tirmidzi, al-Hakim, Biarkan Hatimu Bicara, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2014.

Budi Wijayarto dan Haryanto, “Perbandingan Kompetensi Sosial Siswa Komunitas Homeschooling Dengan Siswa Reguler SD Muhammadiyah 1 Surakarta”, Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 2015: 27.

Darmaningtyas dan Edi Subkhan, Manipulasi Kebijakan Pendidikan, Jakarta: Resist Book, 2012.

Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Musriadi, “Anak Pemakai Narkoba Rentan Gangguan Jiwa”, http://www.antarabengkulu.com/berita/39300/anak-pemakai-narkoba-rentan-gangguan-jiwa [18 Desember 2016]

O’Neill, William F., Ideologi-Ideologi Pendidikan, terjemahan: Omi Intan Naomi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002

Pradipto, Y. Dedy, Belajar Sejati Versus Kurikulum Nasional, Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Rifa’i, Muhammad, Politik Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Sebayang, Dianta, “Memahami Karakter Tiap Generasi”, http://www.koran-jakarta.com/memahami-karakter-tiap-generasi/ [11 Desember 2016]

Setyawan, Davit, “KPAI: Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Tiap Tahun Meningkat”, http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pelaku-kekerasan-terhadap-anak-tiap-tahun-meningkat/ [16 Desember 2016]

Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.