PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 19 LUBUK ALUNG
Abstract
Penelitian berawal dari dari kenyataan di kelas V sekolah dasar negeri 19 lubuk alung. Dalam pembelajaran guru belum menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri peserta didik dalam mengemukakakan pendapat, kurangnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran dan sering terlihat bosan, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencaaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan media audio visual di kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Lubuk Alung.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Audio Visual
Full Text:
Hal. 71-84 (Bahasa Indonesia)References
Aderusliana. 2009. “Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar”. Konsep-Dasar-Evaluasi-Hasil-Belajar. (online), (Http://adelusiana wordpress.com, diakses pada tanggal 10 November 2017).
Annas, Sudiono.2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Asyhar,H.Rayandra, 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press
Arsyad, Azhar.2013.Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : BSNP.
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendi dikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada.
Mulyasa.E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : remaja Rosdakarya
Muschlis, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta : Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Usman, Samatowa. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.
Wati, Rima Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v1i1.1120
Article Metrics
Abstract view : 216 timesHal. 71-84 (Bahasa Indonesia) - 227 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.