PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 19 LUBUK ALUNG

Vini Wela septiana

Abstract


Penelitian berawal dari dari kenyataan di kelas V sekolah dasar negeri 19 lubuk alung. Dalam pembelajaran guru belum menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri peserta didik dalam mengemukakakan pendapat, kurangnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran dan sering terlihat bosan, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencaaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan media audio visual di kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Lubuk Alung.

 

Kata Kunci      : Hasil Belajar, Media Audio Visual


References


Aderusliana. 2009. “Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar”. Konsep-Dasar-Evaluasi-Hasil-Belajar. (online), (Http://adelusiana wordpress.com, diakses pada tanggal 10 November 2017).

Annas, Sudiono.2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Asyhar,H.Rayandra, 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press

Arsyad, Azhar.2013.Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : BSNP.

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendi dikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada.

Mulyasa.E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : remaja Rosdakarya

Muschlis, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Usman, Samatowa. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.

Wati, Rima Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v1i1.1120

Article Metrics

Abstract view : 216 times
Hal. 71-84 (Bahasa Indonesia) - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.