PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MEREK CITRA HAND AND BODY LOTION DI PARIAMAN

Wahyu Erdalina

Sari


Perkembangan produk kosmetik mengakibatkan tingkat persaingan di dunia usaha kosmetik
juga semakin ketat, sehingga masing-masing produsen kosmetik berlomba-lomba untuk
memenangkan persaingan. Masing-masing perusahaan berusaha menciptakan suatu konsep
pemasaran yang mampu menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Selain itu
perusahaan juga semakin mengembangkan pengetahuannya mengenai perilaku konsumen. Hal ini
disebabkan perilaku konsumen sangat berpengaruh terhadap minat konsumen untuk melakukan
keputusan pembelian ulang terhadap produk yang ditawarkan. Keputusan konsumen dalam
menentukan atau memilih merek produk tertentu bukanlah hal yang begitu saja terjadi. Banyak
pertimbangan yang dilakukan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk,
misalnya kualitas produk, harga, dan promosi produk tersebut. Penelitian ini dilakukan pada
tahun 2O14 di Kota Pariaman. Populasi penelitian ini adalah wanita berusia 15-35 tahun yang
telah memakai produk kecantikan merek Citra hand and body lation di sekitar Pariaman.
Berdasarkan hasil perhitungan maka jumlah sampel minimal adalah 96 responden. Namun dalam
penelitian ini akan menggambil sampel melebihi angka ninimal yaitu 100 responden. Jumlah
responden sebanyak 100 orang tersebut dianggap sudah representatif karena sudah lebih besar
dari batas minimal sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, harga dan iklan
televise berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik merk citra and hand and
body lotion di Pariaman
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Iklan televisi, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angipora, T. dan Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo. Jakarta

Alma, Buchari.2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alvabeta CV. Bandung

. 1998. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alvabeta CV. Bandung

Keegan, Warren J.2003.Manajemen Pemasaran Global. Edisi Enam. Jilid 2. Gramedia.

Komalasari, Fitri. 2010. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan pembelian Produk

Handphone Nokia Eseries”. Thesis. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma. Semarang

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran 1. Edisi millenium. Prenhallindo. Jakarta

Kotler, Philip dan Amstrong. 2001 Prinsip-prinsip Pemasaran: Alih Bahasa Damos Sihombing.

Edisi Kedelapan. Jilid 2. Erlangga. Jakarta

Mowen, John C dan M. Minor. 2001. Perilaku Konsumen. Jilid 2.Erlangga.Jakarta

Satit, R. P., Huam,H. T., Amran, S., Thoo, A. C., Inda, S. 2012. “The Relationship Between

Marketing Mix And Customer Decision-Making Over Travel Agents: An Empirical

Study”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.

(online) , Vol. 2, No. 6, www.hrmars.com/journals, diakses 4 Januari, Pukul 16:30 Wib

Schiffman,I.G., dan Leslie L.K. 2004. Consumen Behaviour. Edition 8th. Prentice Hall. New Jersey

Siringoringo, Hotniar .2004 . “Peran Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Pembelian

Konsumen”. Jurnal Ekonomi & Bisnis. No. 3, Jilid 9.

Rosvita. 2010. “Analisis pengaruh kualitas produk, Harga, promosi, dan cuaca terhadap

Keputusan pembelian ulang teh siap minum Dalam kemasan merek teh botol sosro”.

Skripsi. UNDIP. Semarang

Waluyo, Minto.2006. “Pengaruh Harga Rokok, Budaya Organisasi, Promosi Terhadap Kinerja

Pemasaran dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan pada Perusahaan Rokok Kecil Jrnis

Sigeret Kretek tangan di Jawa Timur”. Jurnal Aplikasi Manajemen, Volum 4, Nomer 2

Yonaldi, Sepris. 2011. “Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )

TerhadapLoyalitas Konsumen Produk Minuman Teh Botol Frestea (Studi Kasus

Mahasiswa Universitas Andalas Padang “). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Volume 2, Nomor 1, Januari.,ISSN : 2086 – 5031

Yudhiartika, Dian dan J.O, Haryanto.2012. “Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi

Penjualan Terhadap Kesadaran Merek dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan

Pond’s”. Buletin Studi Ekonomi. Volume 17, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i9.969

Article Metrics

Sari view : 811 times
PDF - 5265 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.