ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT
Sari
Pendidikan merupakan tolak ukur terhadap keberhasilan suatu bangsa. Sehingga pendidikan
merupakan faktor yang sangat penting yang harus menjadi pusat perhatian dalam
pengembangannya. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mempunyai 26 prodi sebagai
pemenuhan permintaan pasar agar calon mahasiswa baru mempunyai pilihan yang banyak untuk
memilih prodi yang di inginkan. Tetapi kenyataannya banyaknya program studi tidak sesuai
dengan jumlah mahasiswa yang ada. Sehingga keadaan tersebut perlu diteliti lebih lanjut. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa
Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penelitian ini
digolongkan penelitian asosiatif (hubungan). Merupakan penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif, dikatakan pendekatan kuantitatif karena data penelitian yang digunakan
berupa angka-angka atau data kualitatif yang diangkakan. Penelitian ini betujuan mencari faktor
penyebab kurangnya jumlah mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat melalui
faktor motivasi, faktor kelompok referensi, faktor promosi, faktor reputasi dan biaya pendidikan.
Dengan mengetahui pengaruh faktor tersebut sehingga nantinya akan diambil suatu langkah
bagaimana strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di kampus Universitas
Muhammadiyah Sumatera Barat. Target yang ingin di capai adalah bertambahnya jumlah
mahasiswa yang berkuliah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat sehingga bisa sejajar
dengan Universitas-Universitas Negeri yang ada di Sumatera Barat. setelah selesai penelitian ini
akan di terbitkan di jurnal Merana Ilmu di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Hasilnya
adalah bahwa Motivasi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih
perguruan tinggi. Kelompok referensi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam
memilih perguruan tinggi. Promosi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam
memilih perguruan tinggi. Reputasi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam
memilih perguruan tinggi. Biaya pendidikan berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa
dalam memilih perguruan tinggi. Motivasi, kelompok referensi, promosi, reputasi dan biaya
pendidikan secara bersama- sam berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa memilih
perguruan tinggi yaitu sebesar 40%.
Kata kunci : motivasi, kelomok referensi, promosi, reputasi, biaya pendidikan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kusumawati, A.(2013). A Qualitative Study of the Factors Influencing Student Choice: The Case
of Public University in Indonesia. Jurnal. Universitas Brawijaya Malang.
Kresna, W. (2010). Cara Cerdas Pilih Jurusan Demi Profesi Impian. Yogyakarta: Jogja Great
Publisher
Andriani, E dan Adam, H. 2012. Pengaruh Biaya Pendidikan, Latar Belakang Sosial Ekonomi,
Motivasi, dan Reputasi terhadap Minat Mahasiswa dalam Memilih Prodi S1 Akuntansi
Perguruan Tinggi di Malang. Malang: Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB Vol 1,
No 2
F. Jasfar . (2012). Teori dan Aplikasi 9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa SDM, Inovasi, dan
Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Salemba Empat
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21.
Semarang: UNDIP
Sofyan, H & Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta:
UNY Press
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta:
Erlangga
Mowen, J.C dan Minor, M.(2002). Consumer Behavior. Edisi 5 Jilid 1: Jakarta: Erlangga
Schiffman, G Leon & Kanuk, L. Leslile. (2010). Consumer Behavior. New Jersey :Prentice Hall
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung:
Alfabeta
Suwarman,U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor:
Ghalia Indonesia
Yano J.Ryan, Titus Rotic, Betty Korir, Kennedy. Mutai, Mathew Kosgei, dan Julius Koech. 2014.
Factors Influencing the Choice of College Among Undergraduate Students in Public
Universities in Kenya. A Case Study of the University of Eldoret. Australian Journal of
Commerce Study
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i6.840
Article Metrics
Sari view : 1295 timesPDF - 964 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.