PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN OLEH DOSEN DAN KOMITMEN BERMUHAMMADIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR AL- ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT (UMSB)
Sari
Pelaksanan pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera
Barat bertujuan untuk membentuk mahasiswa agar menjadi akademisi muslim yang beraqidah kuat,
berakhlak mulia dan bertanggungjawab mengembangkan da’wah Islam serta menjadi pelopor, pelangsung
dan penyempurna perjuangan Muhammadiyah untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
Penulis melihat mahasiswa yang ada di Fakultas Ekonomi belum dapat menerapkan materi pelajaran yang
diberika oleh Dosen. Pemahaman-pemahan yang mereka miliki sebelumnya masih sulit untuk
mengarahkannya karena pemahaman tersebut sudah mengakar pada jiwanya. Sebahagian mahasiswa
beranggapan bahwa materi pelajaran tersebut hanya sebatas pengetahuan saja.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini
yaitu: Bagaimana Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Pelaksanaan Pembelajaran oleh Dosen dan
Komitmen Permuhammadiyah terhadap Hasil Belajar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Sumatera Barat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, artinya peneliti tidak
melakukan manipulasi dan interpensi terhadap variable-variabel bebas dan terikat. Hasil penelitian ini dapat
dilihat bahwa persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran oleh Dosen baik karena sebanyak 56
orang berpersepsi baik dari 100 orang mahasiswa. Berbeda dengan komitmen bermuhammadiyah mahasiswa
dapat digolongkan kurang baik karena komitmen mahasiswa dalam bermuhammadiyah hanya 41, 28 %.
Sedangkan hasil belajar Kemuhammadiyahan mahasiswa dilihat dari nilai hasil belajar semesternya cukup
baik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa untuk membentuk
komitmen Bermuhammadiyh mahasiswa tidak cukup hanya dengan belajar diruang kelas saja, akan tetapi
ada factor lain yang mempengaruhinya. Adapun saran penulis dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang
belajar Al Islam Kemuhammadiyahan perlu dikontrol dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang diajarkan
kepadanya dan diharuskan untuk mengikuti ortom-ortom yang ada dilingkungan Muhammadiyah.
Kata Kunci: Pembelajaran, Komitmen, dan Hasil Belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardhana, I Wayan 1987. Bacaan Pilihan dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Dirjen Dikti.
Ardhana,Wayan 1986. Dasar-dasar Kependidikan. IKIP Malang.
Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Eknomi dan Kebijakan Publik dan
Ilmu-ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana.
Departemen Agama RI. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang
Sisdiknas. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam.
Indrayani, Tri Irfa. 2013. Disertasi (Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja dan Komitmen Kerja
terhadap Kinerja Ketua Program Studi. UNJ: Program Pascasarjana.
Luthan, Fred. 2005. Perilaku Organisasi: Yogyakarta: Andi
Nasir, Haedar. 2010. Idiologi, Khittah, dan Langkah.Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Haroen, Nasrun. 1995. Ushul Fiqh I. Jakarta: Logos (Wacana Ilmu dan Pemikiran).
Ormord, Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
Pasha, Musthafa Kamal, Ahmad Adaby Darban, 2000. Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar Offset.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2012. Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara
Muhammadiyah. Edisi Revisi.
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2011. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif (dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan SPSS).
Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Sumanto. 1945. Metodologi Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Syah, Muhaibin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Walgito, Bimo. 2008. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi Offset.
Zanden, James W. Vander. 1984. Social Psychology. New York: Random House.
Zukdi, Ilpi. 1997. Tesis Hubungan antara Persepsi tentang Program Motivasi Mengikuti Program dengan
Motivasi Belajar Warga Belajar Paket B Setara SLTP di Kabupaten Malang. Malang: Institut
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang Program Pascasarjana
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i6.837
Article Metrics
Sari view : 105 timesPDF - 95 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.