PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SD

Dah rial

Sari


This study aims to describe the results of student learning in mathematics on the
sum of the integers. The approach used is Kontrukstivisme approach. The results
showed an increase in planning, namely (a) RPP cycle I was in sufficient criteria, in
the second cycle are in very good criteria, (b) implementation of aspects of the
teacher, the first cycle is at sufficient criteria. In the second cycle currently on the
criteria very well. In the aspect of the first cycle students are in sufficient criteria, the
second cycle was on the criteria very well. (C) The results of students in the first cycle
and the values obtained enough in the second cycle worth very well.
Kata Kunci : Hasil belajar bilangan bulat dengan pendekatan konstruktivisme


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, Suryanto. 2007. Evaluasi Pengajaran. Jakarta:UT

Darhim,dkk. 1991. Pendidikan Matematika II. Jakarta : Dekdiknas

Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan

Sekolah Dasar.Depdiknas. Jakarta

Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Sekolah

Dasar. Depdiknas. Jakarta

http://akhmadsudrajad.wordpress.com./2008/09/12/pengertian-pendekatan-strategi-metodeteknik-

taktikdanmodelpembelajaran/

http://alief-hamsa.blogspot.com/2009/10/konstruksi-berarti-membangun-dalam.htm.

http://techonly13.wordprees.com./2009/07/04/pengertian-hasil-belajar/.

http://ww.crayonpedia.org/mw/BSE.Bangun-Datar-dan-Bangun-Ruang.1%28BAB3%29

I.G.A.K, Wardhani. 2007.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:UT

Julius. Hambali. dkk. 1992.Pendidikan Matematika I.Jakarta: Depdikbud

Masnur, Muclish. 2007.Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual. Jakarta : Bumi

Aksara

Muchtar, Karim.dkk.1996.Pendidikan Matematika I.Depdiknas

Muhammad, Nur. 204. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis

dalam Pengajaran. Pusat Sains dan Matematika Sekolah : Universitas Surabaya

Mursal, Dalais. 2007. Kiat Mengajar MTK. Padang : UNP

Nur. Asma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Depdiknas.2008

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual ( Contxtual Teaching and Learning/CTL

dan Penerapanya dalam KBK. Malang.Universitas Negeri Malang

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.UKM : Malang

Oemar, Hamalik. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ritawati, Mahyudin. dkk. 2007. Hand out Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tindakan

Kelas.Padang : UNP

S.Udin, Winataputra. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : UT

Suharsimi, Arikunto. dkk. 2006. Penelitan Tindan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara

Suherman. (1993:221). Pendekatan Pembelajaran Merupakan Suatu Konsep Atau

Prosedur




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i5.791

Article Metrics

Sari view : 95 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.