Pengaruh Model Pembelajaran Circ Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Kecamat Suliki
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis artikel siswa kelas XII SMKN 1 Kec. Suliliki. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Instrument penelitian ini menggunakan test unjuk kerja dengan indikator penelitian yaitu struktur teks negosiasi, ciri kebahasaan teks negosiasi, dan penggunaan EYD dalam teks negosiasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil uji t (t-test) dalam kelas eksperimen membuktikan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (t-hitung = 3,904 >t-tabel 2.066), karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Selanjutnya hasil uji t (t-test) dalam kelas kontrol membuktikan nilai membuktikan t-hitung lebih besar dari t-tabel (t-hitung = 4,304>t-tabel 2.066) karena t-hitung lebih besar dari t-tabel maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Simpulan, keterampilan menulis teks negosiasi lebih cocok menggunakan model pembelajaran CIRC dibandingkan menggunakan model konvensional.
Kata Kunci: model CIRC, metode Konvendional, menulis teks negosiasi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Budiyanto, agus krisno. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered learning (SCL). Malang: UMM Press.
Debby dan Mellisa. 2020. Teks negosiasi. Medan: Guepedia.
Indah, R., & Ummul, Q. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Populer Bagi Siswa Sma Muhammadiyah 2 Jakarta. Bakti Nusantara Linggau : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.55526/bnl.v2i2.286
Kirom, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(2), 204–226.https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.616
Nuryaningsih, Waginah Dwi.2021. Cara Mudah Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Drama Melalui CIRC. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.
Sutarno. 2019. Cermat Berbahasa Indonesia. Kab. Suka Bumi: CV Jejak.
Sunarsih,Eti,dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning tentang Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singkawang tahun Ajaran 2017/2018”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 3. No 2 September 2018. Page 89-93. STKIP Singkawang.
Taufik, T., Erwin, E., & Khatimah, H. (2020). Model Pembelajaran CIRC pada MataKuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 62–70. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.15
Yustinah. 2017. Produktif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.7227
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















