Efektivitas Buku Saku Digital Interaktif dalam Pembelajaran Sistem Produksi pada Mata Kuliah Rekayasa Industri

Jenita Oktavia Panjaitan, Amalia Akita, Kalasta Ayunda putri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Rekayasa Industri di Program Studi Tata Boga Universitas Negeri Medan. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah keterbatasan media pembelajaran yang bersifat ringkas dan aplikatif dalam mendukung pemahaman mahasiswa terhadap materi yang kompleks dan teknis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate), dengan validasi oleh ahli, uji kepraktisan oleh mahasiswa dan dosen, serta uji efektivitas melalui desain one-group pretest-posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku saku memiliki tingkat kelayakan sangat tinggi dari aspek isi, media, dan bahasa. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa buku saku dinilai sangat praktis oleh mahasiswa dan praktis oleh dosen. Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar mahasiswa dengan gain score sebesar 0,67 pada kategori sedang menuju tinggi. Kesimpulannya, buku saku ini layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif, praktis, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran vokasional. Media ini direkomendasikan untuk diintegrasikan dalam mata kuliah lain yang bersifat prosedural dan aplikatif, serta dapat dikembangkan lebih lanjut ke dalam format digital interaktif.

Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, Desain visual, Efektivitas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugerah, R. F., Taufik, M., & Subekti, I. (2023). Pengembangan media buku saku berbasis infografis untuk mendukung pembelajaran teknik produksi. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasional, 10(2), 115–126. https://doi.org/10.31004/jtpv.v10i2.342

Arifin, S. (2020). Validasi instrumen dan pengembangan media pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 24(2), 125–136. https://doi.org/10.21831/jep.v24i2.31921

Astuti, M. E., & Hamdani, M. (2023). Peran media cetak dalam mendukung pembelajaran aktif di kelas vokasional. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 120–129. https://doi.org/10.17509/jip.v15i2.45672

Hidayat, F., & Prasetyo, B. (2018). Penggunaan media praktis dalam pembelajaran sistem kerja industri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 77–86. https://doi.org/10.23887/jtp.v20i1.18345

Latifah, U., & Sari, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran prosedural untuk mata kuliah tata boga. Jurnal Ilmiah Tata Boga, 12(2), 60–71. https://doi.org/10.24114/jitb.v12i2.52817

Lubis, H., & Sinaga, P. (2017). Analisis kebutuhan media ajar ringkas pada mata kuliah produksi makanan. Jurnal Teknik Boga dan Busana, 9(1), 42–50. https://doi.org/10.21009/jtbb.091.06

Marlina, D., & Hermawan, H. (2022). Buku saku ilustratif sebagai pendamping praktikum produksi masakan Indonesia. Jurnal Kuliner Nusantara, 8(1), 45–53. https://doi.org/10.31289/jkn.v8i1.5887

Ningsih, S., & Widodo, A. (2020). Efektivitas buku panduan saku berbasis aktivitas untuk pembelajaran vokasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 275–284. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i3.31987

Permatasari, T., & Handayani, R. (2019). Buku saku interaktif berbasis Android untuk pendidikan kejuruan. Jurnal EduTech, 18(2), 64–73. https://doi.org/10.26740/edutech.v18n2.p64-73

Rahmawati, N., & Putra, P. (2021). Media ajar ringkas berbasis buku saku dalam pembelajaran teknik boga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(3), 192–202. https://doi.org/10.21009/jpp.v14i3.313

Sahla, A., Maulana, T., & Rachmawati, D. (2023). Efektivitas penggunaan media cetak berbasis prosedur dalam pembelajaran praktik. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(1), 48–59. https://doi.org/10.21831/jpv.v13i1.52107

Setiawan, E., & Nurhayati, N. (2021). Pengembangan media saku berbasis ilustrasi teknis dalam pendidikan vokasional. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 5(1), 33–44. https://doi.org/10.31002/jipt.v5i1.5681

Wulandari, R., Yulianti, D., & Hartati, S. (2019). Efektivitas buku saku berbasis visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 87–95. https://doi.org/10.17509/jip.v11i1.17569

Yuliani, R. (2022). Model pengembangan media ajar pada pendidikan kejuruan: Studi kasus pada program kuliner. Jurnal Riset Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 7(3), 158–170. https://doi.org/10.21831/jptk.v7i3.44012

Zulfikar, M. A. (2018). Pengembangan media ajar berbasis visual untuk pembelajaran sistem produksi di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(1), 55–63. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i1.22631




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6846

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.