Analisis Moral Peserta Didik Pada Pembiasaan Shalat Dhuha di Sekolah Dasar
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan moral peserta didik sejak dini di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap moral siswa kelas III SDN Cilamajang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan shalat dhuha memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan moral siswa, khususnya dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab. Siswa yang secara konsisten melaksanakan shalat dhuha menunjukkan peningkatan dalam kedisiplinan waktu, kepatuhan terhadap peraturan sekolah, dan kesadaran beribadah secara mandiri. Keberhasilan program ini didukung oleh keteladanan dari guru, pengawasan yang berkelanjutan, serta adanya motivasi yang diberikan secara rutin. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembiasaan shalat dhuha efektif dalam membentuk karakter religius dan memperkuat nilai-nilai moral siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci: Karakter religius, kedisiplinan, pembiasaan ibadah, tanggung jawab, pembentukan moral
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Khaironi, M., & Yuliastri, N. (2017). PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK USIA DINI. 1(1).
Munandar, A. (n.d.). KURIKULUM SEBAGAI JANTUNG PENDIDIKAN. . . ISSN.
Mustofa, A., & Ghofur, A. (2022). Konsepsi Pembiasaan Sholat Dhuha dan Membaca Al-Qur’an dalam Peningkatan Akhlak. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 29(01), 1–10. https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i01.155
Oktaviani, E., & Husin, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dan Amaliyah Keagamaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5063–5075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3025
Piaget, J. (n.d.). T h e Moral Judgment of the Child.
Pranoto, Y. K. S. (n.d.). Kecerdasan Moral: Studi Perbandingan pada Anak Usia 4-6 Tahun.
Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2023). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 89–96. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Sulistyo Rini, T. (2021). Penanaman karakter religious pada siswa Sekolah Dasar melalui pembiasaan shalat dhuha. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 112–115. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i2.840
Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224
Widi, W. (2023). Pendampingan Pendidikan Disiplin Karakter Pada Pembiasaan Shalat Dhuha Di Sekolah Dasar. KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 83–90. https://doi.org/10.62159/kenduri.v3i2.987
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6712
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















