Analisis Moral Peserta Didik Pada Pembiasaan Shalat Dhuha di Sekolah Dasar

Cahya Yulyana Wijaya

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan moral peserta didik sejak dini di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap moral siswa kelas III SDN Cilamajang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan shalat dhuha memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan moral siswa, khususnya dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab. Siswa yang secara konsisten melaksanakan shalat dhuha menunjukkan peningkatan dalam kedisiplinan waktu, kepatuhan terhadap peraturan sekolah, dan kesadaran beribadah secara mandiri. Keberhasilan program ini didukung oleh keteladanan dari guru, pengawasan yang berkelanjutan, serta adanya motivasi yang diberikan secara rutin. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembiasaan shalat dhuha efektif dalam membentuk karakter religius dan memperkuat nilai-nilai moral siswa di sekolah dasar.

Kata Kunci: Karakter religius, kedisiplinan, pembiasaan ibadah, tanggung jawab, pembentukan moral

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Khaironi, M., & Yuliastri, N. (2017). PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK USIA DINI. 1(1).

Munandar, A. (n.d.). KURIKULUM SEBAGAI JANTUNG PENDIDIKAN. . . ISSN.

Mustofa, A., & Ghofur, A. (2022). Konsepsi Pembiasaan Sholat Dhuha dan Membaca Al-Qur’an dalam Peningkatan Akhlak. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 29(01), 1–10. https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i01.155

Oktaviani, E., & Husin, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dan Amaliyah Keagamaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5063–5075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3025

Piaget, J. (n.d.). T h e Moral Judgment of the Child.

Pranoto, Y. K. S. (n.d.). Kecerdasan Moral: Studi Perbandingan pada Anak Usia 4-6 Tahun.

Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2023). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 89–96. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Sulistyo Rini, T. (2021). Penanaman karakter religious pada siswa Sekolah Dasar melalui pembiasaan shalat dhuha. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 112–115. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i2.840

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224

Widi, W. (2023). Pendampingan Pendidikan Disiplin Karakter Pada Pembiasaan Shalat Dhuha Di Sekolah Dasar. KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 83–90. https://doi.org/10.62159/kenduri.v3i2.987




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6712

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.