Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Kuliah Pengajaran Komputer dan Multimedia

Yassirli Amri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata kuliah Pengajaran Komputer dan Multimedia. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, e-learning telah menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam pembelajaran, memungkinkan akses materi yang lebih fleksibel dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, di mana penulis mengkaji berbagai literatur yang relevan untuk menilai dampak e-learning terhadap hasil belajar. Berdasarkan tinjauan pustaka yang dilakukan, ditemukan bahwa penerapan e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui peningkatan motivasi, keterlibatan aktif, dan aksesibilitas materi yang lebih baik. E-learning memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan fleksibel, yang dapat berkontribusi pada pemahaman materi yang lebih baik, terutama dalam mata kuliah yang membutuhkan keterampilan praktis dan pemahaman teknis seperti Pengajaran Komputer dan Multimedia. Penelitian ini menyarankan agar institusi pendidikan mempertimbangkan penerapan e-learning sebagai bagian dari strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: e-learning, hasil belajar, Pengajaran Komputer dan Multimedia, teknologi pendidikan.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harris, T. (2021). Student Engagement in Online Learning: A Quantitative Study. International Journal of Education and Learning, 19(1), 30-42.

Lee, S., Kim, H., & Choi, J. (2020). Online Learning and Student Engagement in Higher Education: A Case Study. Educational Research Review, 18(2), 200-215. Link

Kumar, P., & Patel, R. (2021). Interactive Video-Based Learning and Its Effect on Learning Outcomes in Higher Education. Journal of Interactive Learning, 23(4), 310-320

Sari, D., & Marwan, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 12-22

Pratama, A. (2021). Peran Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(4), 233-244

Yusuf, M., & Ismail, R. (2019). Keuntungan Pembelajaran E-learning terhadap Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 18(3), 55-64.

Rahman, A., & Anwar, Z. (2020). Penerapan E-learning dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 97-106

Hadi, S., & Santosa, B. (2021). Akses Materi Pembelajaran dalam E-learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 19(1), 19-30




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6600

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.