Pengaruh Penggunaan Model Treffinger Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Payakumbuh
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot dengan tidak menggunakan model Treffinger siswa kelas X SMA Negeri 1 Paykumbuh. 2) Mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X siswa SMA Negeri 1 Payakumbuh dengan model Treffinger, 3)Mendeskripsikan engaruh model Treffinger terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah populasi 77 siswa, penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 50 siswa yang tersebar dari kelas control 25 siswa dan kelas eksperimen 25 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan test unjuk kerja dengan indicator penilaian yang pertama struktur teks anekdot, ciri kebahasaan teks anekdot, dan penggunaan tanda baca dalam teks anekdot. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahawa hasil uji t (t-test) dalam kelas eksperimen membuktikan nilai π‘βππ‘π’ππ lebih besar dari π‘π‘ππ(π‘βππ‘π’ππ= 5,01 >π‘π‘ππππ=2,064). Ini berarti Ha (hipotesis alternatif) diterima. Selanjutnya hasil t(t-test) dalam kelasΒ Β control membuktikan nilai π‘βππ‘π’ππ lebih kecil dari π‘π‘ππ(π‘βππ‘π’ππ=2,53<π‘π‘ππππ=2,021). Ini berarti Ha( Hipotesis alternative) diterima. Jadi, dapat disimpulkan penggunaan model treffinger adanya perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks anekdot
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achmad, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aris Shoimin, 2018. Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Anekdot Dengan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMKN 1 Lubuk Basungβ. Jurnal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.7, No 4, hlm 87.
Joyce dan Weil, 2007. Petunjuk Praktis Menulis Bahasa Indonesia. Padang: CV Berkah Prima.
Ibrahim. 2017. Jenis Teks Dan Strategi Pembelajaran di SMA dan SMK. Jakarta: Rama Widia
Ismawati, 2011 . Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Rita Arianti, 2002. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press. Semi, 2017. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sugiyono, 2012. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Yudha, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yunus, dkk 2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6528
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.Β
Email : lppmumsb@gmail.com
Kunjungan Sampai Saat iniΒ Β Β
This work is licensed under aΒ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















