PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRSHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 SUNGAI PENUH

Loria wahyuni

Sari


Kurangnya komunikasi dan interaksi siswa selama proses pembelajaran matematika menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Jenis penelitian adalah eksperiman dengan populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3Sungai Penuh semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelasXI IPA2 sebagai  kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang siswa dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang siswa.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t pada taraf kepercayaan 0,05. Dari perhitungan diperoleh thitung = 2,83 dan ttabel = 1,679 berarti t hitung > ttabel. Hal ini bererti H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian dapat di simpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dikelas XI IPA SMA Negeri 3 Sungai PenuhTahun Pelajaran 2015 / 2016

Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ,Kemampuan Kognitif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita lie. 2010. Cooperativ Learning. Jakarta: grasindo.

Hamzah B.Uno. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Miftahul huda. 2011. Cooperativ Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model penerapan. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Muliyardi.2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang : Jurusan FMIPA UNP.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Sudjana. 2005.Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta

Sumarmo 2003. Indikator Kemampuan Komunikasi Matematika. http://kartiniokey.blogspot.com//2010/05/meningkatkan-kemampuan-komunikasi.html (diakses pada tanggal 29 november 2015)




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.628

Article Metrics

Sari view : 89 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.