PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU BERORIENTASI KREATIF PRODUKTIF PADA MATERI BIOLOGI SEL DAN REPRODUKSI SEL UNTUK SMA

EFRIANA JON

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan Four-D models. Tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba perangkat yang dikembangkan. Rancangan perangkat yang telah didesain, divalidasi oleh 5orang pakar dan praktisi kemudian di uji coba secara terbatas di kelas XI-IPA1 SMA Negeri 3 Kerinci untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas perangkat yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa perangkat pembelajaran terpadu berorientasi kreatif produktif pada materi biologi sel dan reproduksi sel untuk SMA yang meliputi silabus, RPP, Bahan Ajar dan LKS berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan uji coba terbatas, diketahui keterlaksanaannya berada pada kategori sangat baik. Respon guru dan siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaan ini menunjukkan hasil yang positif dengan rata-rata respon praktis. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada kategori sangat aktif. Kesimpulan penelitian adalah perangkat pembelajaran terpadu berorientasi kreatif produktif pada materi biologi sel dan reproduksi sel untuk SMA dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif.   

Kata kunci: penelitian pengembangan, berorientasi kreatif dan produktif, biologi sel, reproduksi sel


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsih, Fitri. 2010. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Kelas VII Berorientasi pada Pendekatan Keterampilan Proses Sains”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Anas Sudijono. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Jakarta :Depdiknas

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Badan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Hamzah B. Uno. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.622

Article Metrics

Sari view : 965 times
PDF - 676 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.