PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN TEMA KEDISIPLINAN DI KELAS II SD NEGERI 07 KAMPUNG JAWA PARIAMAN
Sari
Media adalah sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan, atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima dengan baik
Penggunaan media gambar dalam pembelajaran PKn dengan tema kedisiplinan di kelas II SD Negeri 07 Kampung Jawa Pariaman, dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus II lebih tinggi dari pada hasil belajar siklus I yaitu 6,9 meningkat menjadi 8,58. pembelajaran PKn dengan tema kedisiplinan di kelas II SD Negeri 07 Kampung Jawa Pariaman dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Tema Kedisiplinan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad Rohani. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arief. S. Sadiman. dkk. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Garafindo Persada
Azhar Arsyad (2003) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Desi Ariani. (2006). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Padang: FIP UNP
Depdiknas ( 2006 ) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Enidarwanis wati. 2006. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Visual di Kelas VI SD. Skripsi. FIP-UNP
(http://suryo.worpress.com/2008/02/01)
http://209.85.175.104/searc?q=cache-fwfl8cibNcJ:www.umm.ac.id. Download 16/03/2008
Isti Rokhiyah. 1999. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: UT PGSD 2302 MODUL 3
M. Aziz, A. Kosasih djahiri. (1997). Pendidikan Pancasila. Jakarta: Rineka Cipta
M. Ngalim Purwanto. (1996 ). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyani Sumantri. (1999 ). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud
Nana Sudjana, Ahmad Riva’i. (1997). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Bandung
Oemar Hamalik. (1993). Metodik Belajar Dan Kesulitan Belajar. Bandung: ganesha
_____________. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara
Pendidikan kewarganegaraan Kls II SD,Standar isi KTSP 2006, Jakarta: Erlangga.
Ritawati Mahyudin, Yetty Ariani. (1992). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang: FIP UNP
Santi Dewiki, Sri Yuniati. (2006). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka
Susanto. 2007. Pengembanagan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Mata Pena
Syaiful Bahri Djamarah, Azwan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta
Udin S. Winataputra, dkk. (2006) Materi Pembelajaran PKn SD. Jakartra: Universitas Terbuka
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v10i73.59
Article Metrics
Sari view : 368 timesPDF - 263 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.