PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN TEMA KEDISIPLINAN DI KELAS II SD NEGERI 07 KAMPUNG JAWA PARIAMAN

Jasrida Purnawati S. PD

Sari


Media adalah sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan, atau pendapat  yang dikemukakan itu sampai kepada penerima  dengan baik

Penggunaan media gambar dalam pembelajaran PKn dengan tema  kedisiplinan di kelas II SD Negeri 07 Kampung Jawa Pariaman, dapat meningkatkan hasil belajar siswa  hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus II lebih tinggi dari pada hasil belajar siklus I yaitu 6,9 meningkat menjadi 8,58. pembelajaran PKn dengan tema kedisiplinan di kelas II SD Negeri 07 Kampung Jawa Pariaman dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Tema Kedisiplinan  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Rohani. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arief. S. Sadiman. dkk. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Garafindo Persada

Azhar Arsyad (2003) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Desi Ariani. (2006). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Padang: FIP UNP

Depdiknas ( 2006 ) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Enidarwanis wati. 2006. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Visual di Kelas VI SD. Skripsi. FIP-UNP

(http://suryo.worpress.com/2008/02/01)

http://209.85.175.104/searc?q=cache-fwfl8cibNcJ:www.umm.ac.id. Download 16/03/2008

Isti Rokhiyah. 1999. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: UT PGSD 2302 MODUL 3

M. Aziz, A. Kosasih djahiri. (1997). Pendidikan Pancasila. Jakarta: Rineka Cipta

M. Ngalim Purwanto. (1996 ). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyani Sumantri. (1999 ). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Nana Sudjana, Ahmad Riva’i. (1997). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Bandung

Oemar Hamalik. (1993). Metodik Belajar Dan Kesulitan Belajar. Bandung: ganesha

_____________. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara

Pendidikan kewarganegaraan Kls II SD,Standar isi KTSP 2006, Jakarta: Erlangga.

Ritawati Mahyudin, Yetty Ariani. (1992). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang: FIP UNP

Santi Dewiki, Sri Yuniati. (2006). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka

Susanto. 2007. Pengembanagan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Mata Pena

Syaiful Bahri Djamarah, Azwan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta

Udin S. Winataputra, dkk. (2006) Materi Pembelajaran PKn SD. Jakartra: Universitas Terbuka

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v10i73.59

Article Metrics

Sari view : 357 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.