Strategi Pemasaran Pupuk Organik Premium Agrina 99 Berbasis Media Sosial Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran PT. Agribisnis Technology Indonesia

Anggit Yudhi Hastowo, Muhamad Reza, Zulmardi Zulmardi

Sari


Seiring perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi, pemasaran produk yang dihasilkan perusahaan berupa pupuk organic diarahkan melalui pemanfaatan media social. Namun demikian, saat ini dirasakan kinerja media sosial yang digunakan belum mampu mencapai target pemasaran yang ditetapkan oleh Perusahaan PT. Agribisnis Technology Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini khususnya bertujuan untuk meruskan strategi pemasaran pupuk organik Premium Agrina 99. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Dimana sumber data primer didapatkan dari pengisian kuesioner oleh 33 orang responden. Teknik Analisa data yang digunakan adalah deskritif kuantitatif, sedangkan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media sosial sebagai intrumen pemaran pupuk organik digunakan matiks IFAS dan EFAS. Untuk merumuskan strategi digunakan Teknik analisis SWOT.  Penelitian ini menghasilkan beberapa rumusan strategi pemasaran berbasi media sosial yaitu:a) Mengoptimalkan tampilan konten media sosial melalui aplikasi dan software visualisasi terbaik untuk memperluas wilayah dan jaringan pemasaran; b) Mengembangkan pemanfaatan berbagai media sosial yang familiar oleh calon konsumen; c) Mengkonsep dan mengkontruksi konten sesuai dengan karakteristik media sosial dan karakteristik konsumen; d) Menggunakan Teknik komunikasi lisan yang bersifat menyadarkan dan menggaet konsumen untuk mau menggunakan produk pupuk organic; e) Meningkatkan kualitas isi konten dengan sajian yang menarik dan dapat menarik minat konsumen; f) Menciptakan konsep konten dalam media sosial yang dapat menonjolkan kelebihan dan keunikan dari produk pupuk organik.

 

Kata kunci: konten, media sosial, strategi pemasaran, pupuk organik.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfatiyah. R & Sofian. B. 2021. Peningkatan Kualitas Produk Sepatu Running Dengan Metode Fishbone, Ngt Dan 5w+1h. JITMI Vol. 4 Nomor 2, 31 Oktober 2021.

Agustina. I & Laura. L. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Pada Pt.Esa Kreasio Sportindo (Stayhoops). Journal of Accounting and Business Studies. Vol. 4, No. 1, Maret 2019.

Arifin. R,W. 2015. Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif. Bina Insani ICT Journal . Vol.2, No.2, Oktober 2015. 117-126 ISSN : 2355-3421.

Arifin. S. 2021. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industri Kue dan Roti di Desa Bugo. Available at http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 2021, 848-859.

Arwan, Netti. T & Burhanuddin. 2023. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran Tandan Buah Segar Pada Perkebunan Rakyat. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness)Vol 11 No 1, Juni 2023; halaman 39-47https://doi.org/10.29244/jai.2023.11.1.3947.

Asse. R,A,A. 2018. Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank da Makassar. Jurnal komunikasi kareba. Vol.7 no.2 Juli-Desember 2018.

Asmarantaka. R,W., Juniar, A., Yanti. N,M & Nia. R. 2017. Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi Dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia (Vol 5 No 2, Desember 2017); halaman 143-164 143 ISSN 2354-5690; E-ISSN 2579-3594.

Atmoko, T & Dedi. R,R. 2021. Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Pt. Mandiri Agency Pada Masa Pademi Covid-19. DIMENSI, Volume 10 Nomor 1 : 213-221 MARET 2021 ISSN: 2085-9996 https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms.

Bachtiar. B & Andi. H,A. 2019. Analisis Kandungan Hara Kompos Johar Cassia siamea Dengan Penambahan Aktivator Promi. BIOMA : JURNAL BIOLOGI MAKASSAR, 4(1): 68-76, JUNI 2019.

Bulkaini, Syamsuhaidi, Yusuf. S, Et all. 2022. Inovasi Teknologi Pembuatan Pupuk Organik Cair Berbasis Limbah Sabut Kelapa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 2021, 5 (2): 204-208. e-ISSN: 2655-5263.

Christino. A., Feby. E., Hendry, dan Cindy. E,L. 2020. Pengaruh Strategi Pemasaran, Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Terbang. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 8, 2020 : 3259-3278 ISSN : 2302-8912 DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i08.p18.

Estelita. A, M & Lidia. K. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Mempertahankan Tingkat Loyalitas Pelanggan Pada Toko Marmel Florist Medan. Jurnal Global Manajemen, Vol. 10, No. 1 (2021) Juni ; 76-83.

Fahlevi. M,R., Bachrudin. A,A & Emy.R. 2021. Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Cafe Malam. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, Edisi Juli-Desember 2021 Vol 10, No. 2, ISSN 2541-1403, E-ISSN 2541-187X.

Fathoni. M,Z., Elly. M & Poerwo. S. 2020. Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Pupuk Pada Tanaman Di Sma Muhammadiyah 3 Bungah Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/HMN.

Febriansyah. R,Y & Fajar. S,A,P. 2023. Pengaruh Orientasi Pelanggan Dan Adopsi Media Sosial Terhadap Kinerja Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada UMKM Binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat Tahun 2021 Sektor Kuliner). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 17, No. 1, April 2023, 1─10. p-ISSN 1907-235X / e-ISSN 2597-615X. doi: https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.1.1-10.

Halawa. M,M,D., Rosinta. R,S, & Meralda. R,M. 2021. Pengaruh kualitas produk, promosi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Copyright@2021; Jurnal Manajemen - pISSN: 0285-6911 - eISSN: 2528-1518 339.

Haya. N,A. 2021. Strategi Pemasaran. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Harlan. F,B., Adhitomo. W & Nur. A,M. 2020. Analisis Swot Tentang Strategi Pemasaran Agribisnis Di Pulau Setokok (Studi Kasus Komoditas Semangka). Jurnal Agrisep DOI: 10.31186/jagrisep.20.1.69-80.

Irwan., Dessy. K,S., Danny. H., Donard. G, & Hutria. Y. 2020. Respon Konsumen terhadap Image Appeal Iklan Media Sosial:Studi pada Follower Instagram UKM Rendang . ISSN N0. (PRINT) 2598-0823, (ONLINE) 2598-2893. Volume 3-Nomor. 3-Juni 2020.

Jailani & Almukarramah. 2022. Efektifitas Pemberian Pupuk Kandang Terhadap Respon Pertumbuhan Tanaman Bayam (Amaranthus Tricolor. L)”. Jurnal Pembelajaran Dan Sains Volume 1 Nomor 3 Tahun 2022.

Kalay. A,M ., Reginawanti. H., Irene. A,N & Marina. J. 2020. Pemanfaatan Pupuk Hayati Dan Bahan Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata). AGRIC Vol. 32, No. 2, Desember 2020: 129-138.

Kartini., Ineke. M,N., Juni. E,S & Khoirunnisa. 2020. Penelitian tentang Facebook. Jurnal Edukasi Nonformal. VO.3 NO.2 (2020) E-ISSN: 2715-2634.

Martin, K., & Todorov, I. (2010). How will digital platforms be harnessed in 2010, and how will they change the way people interact with brands?. Journal of Interactive Advertising, 10(2), 61-66.

Mubarokah. A., Sri. M & Mukhamad. Z. 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Osingdeles). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 98 ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 16 Nomor 1 (2022) DOI: 10.19184/jpe.v16i1.24614.

Mu’ien. F., Fatmawati. I,P. & Imam. J. 2014. Strategi Pemasaran Pupuk Bokashi Di Cv. Sumber Alam Desa Gung-Gung Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep. ISSN Online : 2460-894.

Murnita & Yonni. A,T. 2021. Dampak Pupuk Organik Dan Anorganik Terhadap Perubahan Sifat Kimia Tanah Dan Produksi Tanaman Padi (Oriza Sativa L.). Vol. XV No.02 Januari 2021. ISSN 1693-2617. E-ISSN 2528-7613.

Oksalia, E.P., Ratna. W.a & Yusalina. 2023. Efisiensi Pemasaran Beras Dengan Pendekatan Structure Conduct Performance. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness) 87 Vol 11 No 1, Juni 2023; halaman 87-104https://doi.org/10.29244/jai.2023.11.1.87-104.

Rohmawati. I. 2022. Analisis strategi pemasaran melalui media sosial instagram dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, Vol 4, No. 3, 2022, 277 - 290 eISSN 2685-9904. Journal homepage: https://ejournal. imperiuminstitute.org/index.php/SERAMBI.

Ruse. A,V., Fery. J, & Serli. W. 2023. Evaluasi Manajemen Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 17, No. 1, April 2023, 17─23 p-ISSN 1907-235X / e-ISSN 2597-615X. doi: https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.1.17-23.

Santoso. L,R & Edwin. J,I. 2015. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Koran Kompas Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 3, No. 1, (2015) 1-11.

Sinaga. R., & Doni. S,T,M, et all. 2023. Pemasaran Produk Agribisnis. ISBN: 978-623-459-435-5. Copyright © 2023 by Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung All Right Reserved.

Semuel. H & Julian. W. 2019. Brand Image, Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Jaringan Supermarket Superindo Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 13, No. 1, April 2019, 27─34. doi: 10.9744/pemasaran.13.1.27─34 p-ISSN 1907-235X / e-ISSN 2597-615X.

Serano. L. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Melalui Social Media Marketing Di Percetakan Kilat Promosi Medan. Program Studi Manajemen Perusahaan, Politeknik Cendana, Medan. Escaf 1st 2022.

Simanungkalit. R,D,M., Didi. A,S., Rasti. S., Diah. S & Wiwik. H. 2006. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Jl. Ir. H. Juanda No.98 Bogor 16123 Jawa Barat Telp. 0251-336757, Fax: 062-0251-321608 E_mail: soil_ri@indo.net.

Setyawan. A,A. 2012. Menuju Sebuah Teori Umum Pemasaran. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis Volume 16, Nomor 1, Juni 2012, Hlm. 1-9.

Sufatriani, Marhawati & Inanna. 2019. Strategi Pemasaran Jeruk Pamelo (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Pangkep). Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. Jurnal Agribisnis 12(1);58-69.

Su’udi. D. 2018. Saluran Dan Marjin Pemasaran Gabah Studi Kasus Di Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. ORYZA–Volume 4Nomor 1, Desember 2018 ISSN:2477-6963.Halaman –13.

Syaharullah. M., Yahya, dan A. Syarif. 2021. Penggunaan Facebook Dalam Promosi Produk Barang Jadi. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer Volume 12 No. 2, Desember 2021 P-ISSN: 1978-5119; E-ISSN: 2776-3005.

Syaripudin. C, A., Rudi. H & Ait. M. 2020. Peningkatan Kapasitas Petani Dalam Pemanfaatan Pupuk Organik Insitu Sebagai Efisiensi Usahatani Padi Sawah. Jurnal Inovasi Penelitian. ISSN

Zulfikar. A,R & Mikhriani. 2017. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam. Al-Idarah, Vol. 1, No. 2, Juli – Desember 2017 ‖ 279.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5616

Article Metrics

Sari view : 70 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.