Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Subtema 3 Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Iii Sdn 27 Limau Asam Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Sari
Abstrak
Tujuan dikembangkannya Bahan Ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu untuk mempermudah peserta didik dalam proses belajar mengajar. Membuat suasana belajar menjadi menarik dengan mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman langsung kepada peserta didik terhadap apa yang ada disekitar. Saat melakukan observasi ke sekolah, peserta didik di sekolah tidak menggunakan bahan ajar, peserta didik belajar menggunakan buku tematik yang disediakan disekolah. Oleh karena itu dikembangkan bahan ajar berbasis CTL dengan kategori valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan penegmbangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu model 4D, yang memiliki empat tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Untuk menguji validitas produk dilakukan oleh para ahli menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket yang dinilai oleh guru dan angket efektifitas dinilai oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bahan Ajar berbasis CTL memenuhi kriteria valid dengan nilai 87% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktis 93% dengan kategori sangat praktis dan hasil efektifitas 94% dengan kategori banyak sekali. Jadi Bahan Ajar berbasis CTL ini mencapai kriteria valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci :Bahan Ajar, Contextual Teaching and learning, 4D
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aghadiati, (2019). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 6–32.
Astutik, P., Kirana, T., & Widodo, W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pelajaran IPA di SD. Jurnal Education and development,9(1):381
Hamsiah, A., Muhammadiyah, M., & Asdar. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Sebagai Strategi Pelestarian Budaya. Jurnal Ecosystem, 19(1), 10–18.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (e-modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
Lubis, R. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Communication Practice Kelas VII-1 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 6(1): 56.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1), 80–86.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 13-28.
Urbafani, S., & Rozie, F. (2022). Analisis Materi Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Bangkalan terhadap Pembelajaran IPA SD Kelas V Kurikulum 2013.
Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5436
Article Metrics
Sari view : 57 timesPDF - 13 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.