Perbandingan Hasil Belajar Biologi Antara Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Problem Posing
Sari
Salah satu masalah dalam pembelajaran biologi pada tingkat SMA adalah kurangnya motivasi dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini mungkin salah satu penyebab rendahnya hasil belajar biologi siswa, khususnya pada siswa fase F SMA N I Kecamatan Suliki. Salah satu alternative pemecahan masalah tersebut adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar Biologi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model Problem Posing pada siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan data dianalisis dengan uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar biologi antara pembelajaran yang dilaksanakan dengan model Problem Based Learning dan model Problem Posing pada siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki.
Kata kunci : Hasil belajar biologi, Problem Based Learning, Problem Posing
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andre ayub ense, A. ayub ense, Kewas, J. C., & Ratag, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Instalasi Refrigerasi Siswa Kelas Xi. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.1303
Astra, I., & M, J. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 135–143. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpfi
Ilhamdi, M. L., Santoso, D., & Astuti, S. P. (2020). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 135–139. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1699
Juano, A., & Pardjono, P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 46. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7801
Kurnia, T. S., Datumboyo, S., & Pary, C. (2023). Pembelajaran Model Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 170–178. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.185
Lutfiah, W., Hambali, H., & Makassar, U. M. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. 3(4), 2092–2098.
NOVIAR, D., & HASTUTI, D. R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014 / 2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 42. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3874
Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1313
Smarabawa, I. G. B. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Argument Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Smk Negeri 4 Negara. Suluh Pendidikan, 20(2), 139–151. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i2.483
Surur, M., & Tartilla, T. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 169–176. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.96
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5247
Article Metrics
Sari view : 59 timesPDF - 30 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.