Perbandingan Hasil Belajar Biologi Antara Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Problem Posing

Yendrita Yendrita, Sri Nengsi, Frima Frima

Sari


Salah satu masalah dalam pembelajaran biologi pada tingkat SMA adalah  kurangnya motivasi dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini mungkin salah satu penyebab rendahnya hasil belajar biologi siswa, khususnya pada siswa fase F SMA N I  Kecamatan Suliki. Salah satu alternative pemecahan masalah tersebut adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem  Posing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan  hasil belajar Biologi antara penggunaan  model pembelajaran Problem Based Learning dengan model Problem  Posing pada siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan data dianalisis dengan uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar biologi antara pembelajaran yang dilaksanakan dengan model  Problem Based Learning  dan model Problem Posing pada siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki.

Kata kunci : Hasil belajar biologi, Problem Based Learning, Problem Posing


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andre ayub ense, A. ayub ense, Kewas, J. C., & Ratag, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Instalasi Refrigerasi Siswa Kelas Xi. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.1303

Astra, I., & M, J. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 135–143. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpfi

Ilhamdi, M. L., Santoso, D., & Astuti, S. P. (2020). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 135–139. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1699

Juano, A., & Pardjono, P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 46. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7801

Kurnia, T. S., Datumboyo, S., & Pary, C. (2023). Pembelajaran Model Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 170–178. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.185

Lutfiah, W., Hambali, H., & Makassar, U. M. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. 3(4), 2092–2098.

NOVIAR, D., & HASTUTI, D. R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014 / 2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 42. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3874

Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1313

Smarabawa, I. G. B. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Argument Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Smk Negeri 4 Negara. Suluh Pendidikan, 20(2), 139–151. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i2.483

Surur, M., & Tartilla, T. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 169–176. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.96




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5247

Article Metrics

Sari view : 58 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.