Media Ular Tangga Dalam Mata Kuliah Kajian IPS MI/SD Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI

Yufi Latmini Lasari

Sari


Mata kuliah kajian IPS MI/SD merupakan salah satu mata kuliah wajib program studi yang diajarkan pada program studi PGMI UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Media dalam pembelajaran IPS MI/SD salah satu materi yang diajarkan pada mata kuliah ini. Motivasi belajar mahasiswa sangat dibutuhkan dalam memahami materi ini. Agar mahasiswa lebih real dan termotivasi dalam proses perkuliahan, maka peneliti mendesain langsung media ular tangga yang permainannya berisi pertanyaan-pertanyaan seputar media pembelajaran. Untuk itu penelitian ini melihat penggunaan media ular tangga dalam mata kuliah IPS MI/SD terhadap motivasi mahasiswa PGMI. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif, yaitu menguraikan fenomena yang terjadi saat media ular tangga dimainkan oleh mahasiswa PGMI terhadap motivasi belajarnya. Subjek penelitian mahasiswa semester 1A berjumlah 42 orang. Instrument yang digunakan lembar pengamatan motivasi belajar tmenggunakan media ular tangga. Temuan dalam penelitian ini yaitu media ular tangga dalam pembelajaran mata kuliah kajian IPS MI/SD dapat memotivasi belajar mahasiswa PGMI, yaitu sebanyak 36 orang mahasiswa memiliki motivasi yang sangat tinggi, dan 6 orang siswa lainnya memiliki motivasi tinggi.

 

Kata Kunci: Media ular tangga, motivasi belajar, mahasiswa PGMI, Mata kuliah Kajian IPS MI/SD

 

Abstract

The MI/SD IPS study course is one of the mandatory study program subjects taught in the PGMI UIN Mahmud Yunus Batusangkar study program. Media in MI/SD social studies learning is one of the materials taught in this course. Student motivation to learn is really needed in understanding this material. So that students are more realistic and motivated in the lecture process, the researchers directly designed snakes and ladders media whose game contains questions about learning media. For this reason, this research looks at the use of snakes and ladders media in MI/SD social studies courses on PGMI student motivation. This research is a descriptive qualitative type, which describes the phenomena that occur when snakes and ladders media is played by PGMI students regarding their learning motivation. The research subjects for semester 1A students were 42 people. The instrument used was the learning motivation observation sheet using snakes and ladders media. The findings in this research are that the snakes and ladders media in learning MI/SD social studies courses can motivate PGMI students' learning, namely 36 students have very high motivation, and 6 other students have high motivation.

 

Keywords: Snakes and ladders media, learning motivation, PGMI students, MI/SD social studies courses.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.

Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad Kel. Jatimulya, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat: Jurnal JKPM Jawa Barat, 1.

Destiani Putri Utami, Dwi Melliani, Maolana, F. N., & F. M., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan dalam Perspektif Ekologi. 1(12).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Universitas Muhammadiyah Tangerang: Jurnal JPSD Tangerang, 4.

Ferryka, P. Z. (2017). Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. PGSD UNWIDHA: Jurnal Magistra Jawa Tengah, 29.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Lasari, Y. L., & Annisa, A. (2020). Manajemen Kelas Islami Kurikulum 2013 Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas Vi Sd Di Era 4.0. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(2), 127–137. https://doi.org/10.34125/kp.v5i2.521

Latmini Lasari, Y. (2021). Online Learning Classroom Management During the Covid-19 Period At Pgmi Iain Batusangkar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 49–62. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.520

Lestari, I. C. (2021). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Maha Guru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 79–87.

Lestari, P., & Kustiyani. (2022). Penguatan Keterampilan Sosial Pada Mahasiswa Gugus Latih Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun 2020-2021. Sosiolium, 4(2), 72–80. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/SOSIOLIUM

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Ningrat, S.P., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Jounal of Education Technologi Bali, 2.

Suardana, A. P. C. P., & Simarmata, N. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional. Universitas Udayana: Jurnal Psikologi Udayana Bandung, 1.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Metro: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro Lampung, 3.

Sustiyo Wandi, Tri Nurharsono, A. R. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. 2(8), 524–535.

Wati, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga. SDN Kabupaten Ngawi: Jurnal Mitra Pendidikan Jawa Tengah.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4807

Article Metrics

Sari view : 102 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.