Upaya Pencegahan Korupsi Pada Sektor Pelayanan Publik

Lara Indah Yandri, M.IP, Tesha Dwi Putri, khairiyah khairiyah, Yassirli Amri

Sari


Pelayanan publik merupakan salah satu unsur penting terwujudnya good governance, karena visi utama dalam penyelenggaraan pemerintah adalah memberikan pelayanan yang baik kepada publik, untuk itu pemerintah sangat berkepentingan melakukan perbaikan perbaikan atas pelayanan publik selama ini. Pelayanan publik yang masih terkesan sulit dapat mengakibatkan maraknya praktek korupsi, Kasus-kasus korupsi di Indonesia di dominasi oleh korupsi di sektor publik , termasuk pelayanan publik (public service delivery) dimana masyarakat berinteraksi langsung dengan pelaksana pelayanan publik. Fenomena korupsi dalam layanan publik seringkali terjadi karena dua faktor utama, yaitu faktor faktor eksternal dan internal birokrasi. Faktor eksternal muncul karena adanya keinginan masyarkat untuk mendapatkan pelayanan secara cepat dalam berbagai urusan seperti pengurusan perijinan dan sejenisnya. faktor internal lebih menitikberatkan pada adanya fenomena bahwa rentang birokrasi yang panjang dengan sengaja dimanfaatkan oleh oknum-oknum di birokrasi untuk memperoleh keuntungan secara ilegal.

Kata Kunci : E- Government, Korupsi, Pelayanan Publik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berdasarkan model hubungan tersebut, maka diterapkan sistem E-Government to Citizens (G2C), E-Government to Government (G2G), E-Government to Employess (G2E), E-Government to Bussines (G2B). Sebagai contoh adalah model hubungan E-Government to Bussines (G2B) dengan menerapkan e-invoice yang membuat pelayanan pemerintah kepada kalangan bisnis menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.(Lihat. Jesper Schalaeger, E-Government in China: Technology, Power, and Local Government Reform, Routledge, New York, 2003, hlm. 8-20).

Fatkhuri, Korupsi dalam Birokrasi dan Strategi Pencegahannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, Vol. 1 No. 2 Tahun 2017, hal 65-76

Hariman Satria, Kebijakan Kriminal Pencegahan Korupsi Pelayanan Publik, Jurnal Antikorupsi, Vol 6 No 2, hal 69-186

https://news.detik.com/berita/d-5280178/survei-tii-suap-layanan-publik-ri-peringkat-ketiga-di-asia

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201203162140-20-577632/survei-tii-3-dari-10-responden-bayar-suap-pelayanan-publik.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.3993

Article Metrics

Sari view : 3175 times
PDF - 1302 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.