ANALISIS KETERAMPILAN MAHASISWA PPLK PGSD STKIP NASIONAL DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SDN 11 VII KOTO SUNGAI SARIAK

Mellisa. F

Sari


Keterampilan pengelolaan kelas merupakan salah satu keterampilan dasar mengaja
yang harus dimiliki oleh mahasiswa kependidikan. Keterampilan ini merupakan salah sat
materi dalam mata kuliah kependidikan yang menjadi bekal bagi mahasiswa khususny
mahasiswa PGSD dalam menjalankan PPLK di sekolah. Dalam pelaksanaannya, ad
mahasiswa yang menjalankannya secara maksimal dan ada juga yang belum maksima
Sehubungan dengan ini, mungkin saja siswa memberikan persepsi yang berbeda tentan
keterampilan mahasiswa PPLK PGSD dalam pengelolaan kelas di SDN 11 VII Koto Sunga
Sariak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis keterampilan mahasiswa PPLK
PGSD STKIP Nasional dalam pengelolaan kelas di SDN 11 VII Koto Sungai Sariak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sisw
kelas II sampai V yang belajar dengan mahasiswa PPLK yang berjumlah 83 orang. Sampe
dalam penelitian ini adalah semua populasi. Teknik pengambilan sampel secara total sampling
Data dianalisa dengan persentase % ).
Hasil analisis data didapatkan bahwa persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas ole
mahasiswa PPLK PGSD STKIP Nasional tentang keterampilan yang berhubungan denga
kemampuan penciptakan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (81,41%) denga
kriteria baik sekali, keterampilan yang berhubungan dengan kemampuan mengontrol tingka
laku anak didik ( 77,02 % ) dengan kriteria baik sekali, keterampilan yang berhubunga
dengan menjalankan disiplin dalam kelas ( 74,27 % ) dengan kriteria baik. Dengan demikia
dapat disimpulkan bahwa analisis keterampilan mahasiswa PPLK PGSD STKIP Nasiona
dalam pengelolaan kelas di SDN 11 VII Koto Sungai Sariak ( 77,78 % ) dengan kriteria bai
sekali.
Kata Kunci : Analisis, Pengelolaan Kelas, PPLK


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta:Rineka

Cipta.

. , 2008 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Mode

Anonimus,2014.http:/www.Karya Tulis Ilmiah.com/Peranan Guru Dalam Penglolaan kelas.

(Diakses 7 April 2014) .

Anonimus,20014.http:/www.gunadarma.ac.id/ Menglola Kelas Yang efektif. (Diakses 7 April

.

Ayu Novita Sari. 2012. Analisis Keterampilan Mahasiswa PPLK STKIP Ahlussunnah

Bukittinggi Dalam Pengelolaan Kelas di SMA N 5 Bukittinggi.

Bahri Djamarah, Sayful. 2005.Guru Dan Anak Didik. Jakarta:Rineka Cipta

Fathoni, abdurahmat. 2006. Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka

Cipta .

Khairani, Nawi Marnis, Albone Abdul Axiz. 2009. Panduan Penyusun Proposal Penelitian

Dengan Mudah. Padang : UNP Press

Muhibbin Syah. 2010 Psikologi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara Rusman.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (kuantitatif, Kualitatif, R & )

Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i77.381

Article Metrics

Sari view : 106 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.