PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA UNTUK MAHASISWA KEPERAWATAN MELALUI KEGIATAN INFORMATION GAP PADA STIKES MERCUBAKTIJAYA PADANG

Firdaus Firdaus, Femi Earnestly

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa melalui kegiatan information gap di STIKes Mercubaktijaya Padang. Dari penelitian pendahuluan, ditemukan bahwa mahasiswa keperawatan mengalami kesulitan dalam berbicara seperti pemahaman, pengucapan, tata bahasa, kosa kata, dan kefasihan. Penelitian tindakan kelas merupakan desain dari penelitian ini. Dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan untuk setiap siklus dilakukan dalam penelitian ini, dan dua pertemuan tambahan untuk melakukan post-test setelah siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Mahasiswa Keperawatan kelas II menjadi subjek penelitian. Sebanyak 56 mahasiswa dilibatkan untuk mengikuti penelitian tersebut.Analisis data menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berbicara mahasiswa di setiap siklus. Hasil siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,82. Peningkatannya sekitar 1,00. dibandingkan dengan pre-test. Hasil pada siklus II (post test) meningkat menjadi 4,00. Dalam aspek berbicara, peningkatannya adalah 1,27 untuk kelancaran dan 1,20 untuk pemahaman, 1,02 untuk pengucapan 1,02 untuk kosakata dan tata bahasa 0,97. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan information gap efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa keperawatan di STIKes Mercubaktijaya Padang. Siswa memiliki kepercayaan diri untuk menyampaikan topik mereka. Peningkatan yang lebih terdapat pada kefasihan dan pemahaman dibandingkan dengan aspek lain.

Kata kunci: Kegiatan information gap, kemampuan berbicara, mahasiswa keperawatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asrobi, M, Seken, K, Suarnajaya, W. (2013). The Effect of Information Gap Technique And Achievement Motivation Toward Students’ Speaking Ability. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Brown, H.D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.

Delima, P. (2018). Improving Student’s Speaking Skill through Information Gap Activity

Harmer, Jeremy. (2004). How to Teach Speaking. England: Pearson Education

Ismaili, M. (2016).Information Gap Activities to Enhance Speaking Skill of Elementary Student.GlobELT 2016, Antalya, Turkey

Kayi, H.(2006). Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in a Second Language.The Internet TESL Journal, 12(11).1-5, Received from http://iteslj.org/Articles/Kayi-Teaching

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. 2014. The Action research Planner (doing Critical Participatory Action research). Singapura: Springer.

Montoya, Oscar H. 2011. Information Gap Activities: A Communicative Experience in the Classroom. IINATIONAL BILINGUALISMCONFERENCE ARMENIA, May 12th/13th, 2011

Sub Directorat KPS (Kurikulum dan Program Studi). (2008). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. (Sebuah Alternative Penyusunan Kurikulum). Jakarta

Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Thornbury, S. (2005).How to Teach Speaking. England: Longman

Wallace. (2004). Improving Students’ Speaking Ability by Using Information Gap Activities: Prenada Media




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3788

Article Metrics

Sari view : 165 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.