PERILAKU PASIEN BPJS TENTANG MASA BERLAKU SURAT RUJUKAN DI TEMPAT PENERIMAAN PASIEN RAWAT JALAN (TPPRJ) DI RSI IBNU SINA BUKITTINGGI
Sari
Surat rujukan merupakan surat yang dikeluarkan dari puskesmas yang memiliki
wewenang sebagai bentuk penyerahan tanggung jawab secara timbal balik atas permasalahan
yang timbul. Tujuan penelitian ini diketahui gambaran perilaku pasien BPJS tentang masa
berlaku surat rujukan di TPPRJ di RSI Ibnu Sina Bukittingi.
Jenis penelitian deskriptif dengan populasi seluruh pasien BPJS, dan sampel 97
pasien BPJS. Didapat dengan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data dengan
observasi menggunakan Tabel Cheklist, dan pemberian angket menggunakan kuesioner.
Analisis data yang digunakan yaitu analisa univariat.
Hasil penelitian didapatkan (51,5%) surat rujukan yang tidak berlaku, (55,7%)
pengetahuan pasien rendah, (51,5%) pasien bersikap negatif, (60,8%) tindakan pasien yang
cukup terhadap masa berlaku surat rujukan.
Disarankan kepada petugas rekam medis memberikan petunjuk tentang pentingnya
masa berlaku surat rujukan, untuk memperlancar kerja petugas rekam medis dalam
memberikan pelayanan kesehatan.
Kata kunci : Masa berlaku, Pengetahuan, Sikap, Tindakan Daftar Baca : 16(2005-2016)
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Budiman dan Riyanto, 2013, Kapita Selekta Kuesioner : Pengetahuan dan Sikap dalam
Penelitian Kesehatan, Jakarta :Salemba Medika
Departemen kesehatan RI, 2006, Pedoman Prosedur dan
Penyelenggaraan
Rekam Medis di Rumah Sakit Indonesia,
Jakarta Direktorat Jendral Pelayanan Medik.
Firdaus, Sunny Ummul. 2008. Rekam Medis Dalam Sorotan Hukum dan
Etika. Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPTD Penerbit dan Percetakan UNS
(UNS PRESS) Surakarta.
Hartono, Bambang. 2010. Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit, Jakarta : Rineka Cipta.
Hatta, Gemala R. 2010. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan
Kesehatan, Universitas Indonesia : Jakarta.
Herlambang, Susatyo. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit,
Yogyakarta : Gosyen Publishing. http://www.panduanbpjs, selasa, 13-06-2017 jam 14.35.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT. Rineka Cipta
Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Jakarta :Rineka Cipta.
Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka cipta
Rustiyanto, Ery. 2010. Statistik Rumah Sakit Untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta.
Etika Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan,Yogyakarta: Graha
Ilmu
UU/24.2011. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial.
Trihono, 2005. Arrisme Manajemen Puskesmas. Jakarta : CV. Sagung Seto.
Wawan, A. dan Dewi, M, 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan,Sikap, dan Perilaku
Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i77.377
Article Metrics
Sari view : 238 timesPDF - 1554 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.