PERILAKU PASIEN BPJS TENTANG MASA BERLAKU SURAT RUJUKAN DI TEMPAT PENERIMAAN PASIEN RAWAT JALAN (TPPRJ) DI RSI IBNU SINA BUKITTINGGI

Linda Handayuni

Sari


Surat rujukan merupakan surat yang dikeluarkan dari puskesmas yang memiliki
wewenang sebagai bentuk penyerahan tanggung jawab secara timbal balik atas permasalahan
yang timbul. Tujuan penelitian ini diketahui gambaran perilaku pasien BPJS tentang masa
berlaku surat rujukan di TPPRJ di RSI Ibnu Sina Bukittingi.
Jenis penelitian deskriptif dengan populasi seluruh pasien BPJS, dan sampel 97
pasien BPJS. Didapat dengan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data dengan
observasi menggunakan Tabel Cheklist, dan pemberian angket menggunakan kuesioner.
Analisis data yang digunakan yaitu analisa univariat.
Hasil penelitian didapatkan (51,5%) surat rujukan yang tidak berlaku, (55,7%)
pengetahuan pasien rendah, (51,5%) pasien bersikap negatif, (60,8%) tindakan pasien yang
cukup terhadap masa berlaku surat rujukan.
Disarankan kepada petugas rekam medis memberikan petunjuk tentang pentingnya
masa berlaku surat rujukan, untuk memperlancar kerja petugas rekam medis dalam
memberikan pelayanan kesehatan.
Kata kunci : Masa berlaku, Pengetahuan, Sikap, Tindakan Daftar Baca : 16(2005-2016)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiman dan Riyanto, 2013, Kapita Selekta Kuesioner : Pengetahuan dan Sikap dalam

Penelitian Kesehatan, Jakarta :Salemba Medika

Departemen kesehatan RI, 2006, Pedoman Prosedur dan

Penyelenggaraan

Rekam Medis di Rumah Sakit Indonesia,

Jakarta Direktorat Jendral Pelayanan Medik.

Firdaus, Sunny Ummul. 2008. Rekam Medis Dalam Sorotan Hukum dan

Etika. Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPTD Penerbit dan Percetakan UNS

(UNS PRESS) Surakarta.

Hartono, Bambang. 2010. Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit, Jakarta : Rineka Cipta.

Hatta, Gemala R. 2010. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan

Kesehatan, Universitas Indonesia : Jakarta.

Herlambang, Susatyo. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit,

Yogyakarta : Gosyen Publishing. http://www.panduanbpjs, selasa, 13-06-2017 jam 14.35.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT. Rineka Cipta

Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Jakarta :Rineka Cipta.

Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka cipta

Rustiyanto, Ery. 2010. Statistik Rumah Sakit Untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta.

Etika Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan,Yogyakarta: Graha

Ilmu

UU/24.2011. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial.

Trihono, 2005. Arrisme Manajemen Puskesmas. Jakarta : CV. Sagung Seto.

Wawan, A. dan Dewi, M, 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan,Sikap, dan Perilaku

Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i77.377

Article Metrics

Sari view : 223 times
PDF - 1460 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.