STUDY ANALISIS KARAKTERISTIK PENGGUNA JASA TRASPORTASI TRANS PADANG (Studi Kasus Trans Padang Koridor I )
Sari
Angkutan massal menjadi alternative untuk menyelesaikan masalah transportasi di daerah
perkotaan. Kota Padang merupakan ibu kota Provinsi yang menuju kota Megapolitan yang
juga berdapak terhadap tingkat kebutuhan dalam jasa transportasi. Oleh sebab itu Pemerintah
Kota Padang membuat trobosan dengan salah satu cara mengoperasikan bus massal dengan
nama Trans Padang. Dari 6 koridor yang direncanakan yang telah beroperasi saat ini baru
koridor I yaitu Lubuk Buaya menuju pusat kota. Dengan beropresinya koridor I ini penulis
mencoba meneliti karakteristik pengguna jasa transportasi Trans Padang dengan cara
pengambilan uji sampel dengan 11 Paremeter karakteristik. Dari 102 kouesioner yang
disebarkan ke responden didapatkan hasil sebagai berikut: dari segi usia responden terbayak
sebagai pengguna jasa trans Padang adalah usia 21 – 30 tahun sebesar 38,24% dengan jenis
kelamin wanita sebesar 54,90% . Dari sisi pekerjaan pengguna jasa trans padang lebih banyak
pelajar sebesar 35,29%, melihat dari dua sisi pengguna yang sudah memiliki penghasilan atau
pendapatan yang bersatus pelajar dengan karakteristik jumlah uang saku didapatkan hasil
penelitian sebagai berikut; untuk responden sebanyak 62 Orang yang telah memiliki
penghasilan jumlah pendapatanRp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000,-/bulan merupakan jumlah
responden tertinggi yang menggunakan jasa transportasi Trans Padang yaitu sebesar 48,39%.
Sisa Responden yang 40 orang yang berstatus pelajar dengan uang saku Rp 5.00.000 –
Rp.1.000.000,- /bulan adalah nilai tertinggi sebasar 40%. Sedangkan dinilai dari tingkat
kenyaman lebih banyak pengguna jasa Trans Padang memilih untuk menggunakan jasa
Transportasi Trans Padang ketika falitas tempat duduk tersedia.
Kata Kunci : Trans Padang, Karakteristik, Responden
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Badan Pusat Statistik (2012), “Sumbar dalam Angka”, BPS, Padang
Badan Libang Departemen Perhubungan (2004), “Kajian Penyelenggaraan Busway”, Warta
Penelitian Perhubungan Jakarta.
Badan Pusat Statistik (2010), “Sumbar dalam Angka”, BPS, Padang
Dinas Perhubungan Pemerintahan Kota Padang (2009)., “Laporan Akhir”, Penyusunan Detail
Engineering Design (DED) Angkutan Massal Kota Padang
Dillon,R.,W.,and Goldstein.,M.(1984), “Multivariate Analysis and Aplications”, Jhon Wiley
And son, New York
Dirjend Nomor 687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan
Penumpang Umum Diwilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur
Indria Nurvia.P, “ Analisis Persepsi Penumpang Terhadap Tingkat Pelayanan Bus Way Studi
Kasus : Bus Way Trans Jakarta Koridor I, S2 Teknik Sipil Universitas Diponegoro.
Ibrahim,B (1997), Total Quality Management,”Panduan untuk menghadapi persaingan
Global”, Penerbit Djambatan, Jakarta
John B.Kennedy (1976) , “Basic Statistical Methods for Engineering and Scientists, 2
nd
Edition”.
Jonathan Sarwono (2006), “Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS 13”, Penerbit Andi
Kanafani,A.(1983), “Transportation Demand Analysis”, University of California, Berkeley
Morlok,K.,E.(1978), “Introduction and Transport Planning”, Mc.Graw Hill,Inc., New York
Manheim,L., M. (1979), “ Fundamental Transportation System Analysis”, Volume 1, Basic
Consept, The MIT Press,Cambridge
Murray R.Spiegel, Larry J.Stephens, Schaums Outlines, Statistik Edisi Ketiga.
Mulyana.D (2001), “Metedologi Penelitian Kualitatif”, Remaja Rosdakarya, Inonesia
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i77.365
Article Metrics
Sari view : 208 timesPDF - 240 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.