PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PROFESIONALISME GURU SD MUHAMMADIYAH KOTA PADANG
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap
kinerja profesionalisme guru SD Muhammadiyah Kota Padang dan Pengaruh insentif terhadap
kinerja profesional guru SD Muhammadiyah Kota Padang dan pengaruh motivasi kerja dan
insentif secara bersama-sama terhadap kinerja profesionalisme guru SD Muhammadiyah Kota
Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis
korelasional, dengan sampel guru SD Muhammadiyah Kota Padang yang berjumlah sebanyak
70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan skala Likert
dimodifikasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik
deskripstif, uji persyaratan dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS Versi 20 dan
menganalisis korelasi dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data mengambarkan
bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja secara parsial terhadap kinerja profesionalisme guru
karena nilai t hitung>t tabel, terdapat pengaruh insentif terhadap kinerja profesionalisme guru
karena nilai t hitung>ttabel. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh motivasi kerja dan
insentif secara bersama-sama terhadap kinerja profesionalisme guru SD Muhammadiyah Kota
Padang karena nilai Fhitung> F tabel. Kesimpulan bahwa motivasi kerja dan insentif secara
bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah Kota Padang
Kata Kunci: Motivasi, Insentif, Kinerja Profesionalisme
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Irianto. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Prenada Media
Amin Ibrahim.2009. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Implementasinya. Bandung:
Program Pasca Sarjana UNPAD.
B. Siswanto Sastrohadiwiryo. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia edisi 2 Jakarta :PT.
Bumi Aksara
Irawadi. 2001. Kontribusi Motivasi Kerja dan Disiplin Terhadap Kompetensi uru SD
Kecamatan Koto Singkarak Kabupaten Solok. Tesis Pacasarjana UNP. Tidak diterbitkan
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2004. Evaluasi Kinerja SDM. Penerbit : PT Refika. Aditama.
Bandung.
Mulyasa, E. 2003. Managemen Berbasis Sekolah. Bandung : Penerbit PT Remaja
Nana Sudjana, Ibrahim, M.A. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar
Baru Algensindo
Rachmat.2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Prenada Media Group
Rusman.2009. Model-Model Pembelajaran Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara
Rosilawati. 2001. Kontribusi Motivasi Kerja dan Sikap Inovatif Terhadap Kompetensi
Profesionalisme Guru SD Kecamatan Tarung-Tarung Kabupaten Agam
Sondang P Siagian. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Saudagar, Fachruddin; Ali Idrus. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Sukanti.2015. Peran Penilaian Kinerja Guru dalam Pengembangan Profesi Pendidik.jurnal
Pendidikan Pendidikan Unesa. 21 Juni 2014 ISBN 978-3456-52-2
Tukiyo.2015. Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten.
Prosiding seminar nasional pendidikan Surakarta, 21 November 2015 ISBN 978-345652-2
Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta : Dharma Bhakti
WinardiJ.2002. Motivasi dan Pemotivasia dalam Menajemen.Jakarta: Prenada Medi
Wahjosumidjo,1988. Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritik dan.
Permasalahannya, Jakarta: Raja
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i77.352
Article Metrics
Sari view : 284 timesPDF - 551 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.