PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PROFESIONALISME GURU SD MUHAMMADIYAH KOTA PADANG

Erpidawati, SE, M.Pd, Rantih Fadhlya Adri, S.Si, M.Si

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap
kinerja profesionalisme guru SD Muhammadiyah Kota Padang dan Pengaruh insentif terhadap
kinerja profesional guru SD Muhammadiyah Kota Padang dan pengaruh motivasi kerja dan
insentif secara bersama-sama terhadap kinerja profesionalisme guru SD Muhammadiyah Kota
Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis
korelasional, dengan sampel guru SD Muhammadiyah Kota Padang yang berjumlah sebanyak
70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan skala Likert
dimodifikasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik
deskripstif, uji persyaratan dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS Versi 20 dan
menganalisis korelasi dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data mengambarkan
bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja secara parsial terhadap kinerja profesionalisme guru
karena nilai t hitung>t tabel, terdapat pengaruh insentif terhadap kinerja profesionalisme guru
karena nilai t hitung>ttabel. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh motivasi kerja dan
insentif secara bersama-sama terhadap kinerja profesionalisme guru SD Muhammadiyah Kota
Padang karena nilai Fhitung> F tabel. Kesimpulan bahwa motivasi kerja dan insentif secara
bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah Kota Padang

Kata Kunci: Motivasi, Insentif, Kinerja Profesionalisme


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Irianto. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Prenada Media

Amin Ibrahim.2009. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Implementasinya. Bandung:

Program Pasca Sarjana UNPAD.

B. Siswanto Sastrohadiwiryo. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia edisi 2 Jakarta :PT.

Bumi Aksara

Irawadi. 2001. Kontribusi Motivasi Kerja dan Disiplin Terhadap Kompetensi uru SD

Kecamatan Koto Singkarak Kabupaten Solok. Tesis Pacasarjana UNP. Tidak diterbitkan

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2004. Evaluasi Kinerja SDM. Penerbit : PT Refika. Aditama.

Bandung.

Mulyasa, E. 2003. Managemen Berbasis Sekolah. Bandung : Penerbit PT Remaja

Nana Sudjana, Ibrahim, M.A. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar

Baru Algensindo

Rachmat.2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Prenada Media Group

Rusman.2009. Model-Model Pembelajaran Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

Rosilawati. 2001. Kontribusi Motivasi Kerja dan Sikap Inovatif Terhadap Kompetensi

Profesionalisme Guru SD Kecamatan Tarung-Tarung Kabupaten Agam

Sondang P Siagian. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Saudagar, Fachruddin; Ali Idrus. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Sukanti.2015. Peran Penilaian Kinerja Guru dalam Pengembangan Profesi Pendidik.jurnal

Pendidikan Pendidikan Unesa. 21 Juni 2014 ISBN 978-3456-52-2

Tukiyo.2015. Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten.

Prosiding seminar nasional pendidikan Surakarta, 21 November 2015 ISBN 978-345652-2

Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta : Dharma Bhakti

WinardiJ.2002. Motivasi dan Pemotivasia dalam Menajemen.Jakarta: Prenada Medi

Wahjosumidjo,1988. Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritik dan.

Permasalahannya, Jakarta: Raja




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i77.352

Article Metrics

Sari view : 284 times
PDF - 551 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.