PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS DALAM MELAKUKAN SHALAT WAJIB MELALUI STRATEGI MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SDN 18 V KOTO TIMUR

Silfa Yeni

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas melakukan shalat wajib melalui strategi modelling the way pada siswa kelas IV SDN 18 V Koto Timur kabupaten Padang Pariaman,tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SDN 18 V Koto Timur tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 10 Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan melakukan shalat wajib pada siswa Kelas IV SDN 18 V Koto Timur tahun pelajaran 2020/2021. Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek praktek shalat (nilai rata-rata siklus I yaitu 3,15 naik pada siklus II menjadi 3,70 dari kategori baik menjadi amat baik). Nilai hasil belajar siswa meningkat darai kondisi awal nilai rata-rata 64,7 meningkat pada siklus I menjadi 77,41 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,50.

Kata kunci : Hasil Belajar.  Aktivitas melakukan shalat wajib, Strategi modelling the way

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.M. Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. RajaGrafindo.

Abdurahman. 1999. Pendidikan bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa

Bawani,Imam.1993.TradisionalismedalamPendidikanIslam.Surabaya:AlIkhlas.

DepDikBud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka

Drajat, Zakiah, 1992. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara

Hudoyo. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Malang : IKIP Malang.

Kemdikbud, 2003. Agama Islam SD / MI. http : // litbang . kemdikbud . go . id / content / 01 % 20 AGAMA % 20I SLAM % 20 SD –MI % 281 % 29. pdf

Masnur Muslich.2007.KTSP Dasar Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta:Bumi Aksara

Sardiman 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sriyono, dkk. 1992.Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1989. Penelitian dan penilaian dalam Pendidikan. Bandung: C.V. Sinar Baru

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.

Sumarni. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Zuhaerini, 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3437

Article Metrics

Sari view : 125 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.