UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAAN BUAH KEMIRI DENGAN KOTAK ANGKA DI TK MUTIARA KAMPUANG DALAM LIMBANANG KECAMATAN SULIKI
Sari
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan berhitung anak dalam hal membilang, mengenal konsep bilangan..Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan buah kemiri dengan kotak angka, dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah permainan kotak angka ini dapat meningkatkankemampuan berhitung anak di TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang Kecamatan Suliki
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah anak TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang Kelompok B1 Jorong Kampuang Dalam tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian ditentukan bahwa permainan buah kemiri dengan kotak angka ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, terbukti dari hasil persentase siklus I kemampuan membilang dengan benda,menghubungkan konsep bilangan dengan benda-benda, mengurutkan lambang bilangan, Pada siklus II berhitung meningkat sekali. Hal ini terbukti dari persentase meningkat dari siklus I ke siklus II, maka pertanyaan sudah terjawab bahwa permainan buah kemiri dengan kotak angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang Kecamatan Suliki
Kata kunci: Berhitung,Permainan buah kemiri,kotak angka
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali Nugraha. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.
Anggani Sudono. 1995. Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Armstrong, Thomas. 2003. Setiap Anak Cerdas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mayke Tedjasaputra S. 2001. Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.
Mayke Sugianto. 1995. Bermain dan Permainan. Jakarta: Depdikbud.
Mohammad Hariyadi, 2009. Statistik Pendidikan.Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiroh Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Dinas Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.
Sujiono Yuliani, dkk.2005. Metode Pengembangan Berhitung, Jakarta: Universitas Terbuka.
,2003. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga
Wina Sanjaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2885
Article Metrics
Sari view : 151 timesPDF - 102 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.