UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAAN BUAH KEMIRI DENGAN KOTAK ANGKA DI TK MUTIARA KAMPUANG DALAM LIMBANANG KECAMATAN SULIKI

Musniati Musniati

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan berhitung anak dalam hal membilang, mengenal konsep bilangan..Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan buah kemiri dengan kotak angka, dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah permainan kotak angka ini dapat meningkatkankemampuan  berhitung anak di TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang Kecamatan Suliki

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah anak TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang  Kelompok B1 Jorong Kampuang Dalam  tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, sedangkan  teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan.

Hasil penelitian ditentukan bahwa permainan  buah kemiri dengan kotak angka  ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung  anak, terbukti dari hasil persentase siklus I kemampuan membilang dengan benda,menghubungkan konsep bilangan dengan benda-benda, mengurutkan lambang bilangan, Pada siklus II berhitung  meningkat sekali. Hal ini terbukti dari persentase meningkat dari siklus I ke siklus II, maka pertanyaan sudah terjawab bahwa permainan buah kemiri dengan kotak angka  dapat meningkatkan kemampuan berhitung  anak di TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang Kecamatan Suliki

Kata kunci: Berhitung,Permainan buah kemiri,kotak angka


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali Nugraha. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Anggani Sudono. 1995. Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Armstrong, Thomas. 2003. Setiap Anak Cerdas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mayke Tedjasaputra S. 2001. Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Mayke Sugianto. 1995. Bermain dan Permainan. Jakarta: Depdikbud.

Mohammad Hariyadi, 2009. Statistik Pendidikan.Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Musfiroh Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Dinas Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Sujiono Yuliani, dkk.2005. Metode Pengembangan Berhitung, Jakarta: Universitas Terbuka.

,2003. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga

Wina Sanjaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2885

Article Metrics

Sari view : 151 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.