ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN (PROGRAM STUDI USAHA PERJALANAN WISATA)

Ranti Komala Dewi, Iwadiah Iwadiah, Novadilastri Novadilastri

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja dosen dilihat dari kepuasan yang didapatkan oleh mahasiswa. Organisasi dalam menjalankan programnya kunci utama adalah kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki dan apakah mahasiswa mendapatkan pelayanan optimal sebagai mitra dalam menggerakkan organisasi. Oleh karena itu diperlukan kinerja karyawan yang optimal untuk keberhasilan organisasi yang merupakan tujuan utama setiap organisasi termasuk pembelajaran institusi. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 171 mahasiswa dari prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dengan menggunakan 13 indikator penilaian. Penelitian ini mengambil sampel pelaksanaan kuliah pada semester genap 2020/2021 dengan jumlah mata kuliah 21 buah dengan jumlah dosen yang mengajar 26 orang. Hasil penilaian menunjukan kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen bernilai rata-rata 3.42 atau dikategorikan sangat baik. Diantara 13 indikator yang dinilai yang memberikan kepuasan tertinggi adalah pada indikator dosen memperlakukan mahasiswa secara adil tanpa memandang status sosial dengan nilai 3,78 dalam kategori sangat baik. Sedangkan indikator penilaian yang rendah dosen menggunakan jam tatap muka secara efektif dengan nilai 3.00 dalam kategori baik. Penelitian ini membutuhkan pengembangan lebih lanjut dalam memahami penilain kinerja dosen, belum ada model yang tetap dalam menilai kinerja dosen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baharuddin dan Rahmatia. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar, (Jurnal Idaarah, 2(1).

Dzelzkaleja, L. & Kapenieks, J. 2018. Contradictions in Higher Education. Journal of Teacher Education for Sustainability, Volume 20 Issue 1, pp. 124 – 144, DOI: 10.2478/jtes-2018-0008

Gie, The Liang, (2002). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi” faperta.ugm.ac.id/2014/site/fokus/.../permen_tahun2014_nomor049.pdf (10 Desember 2015)

Miarso, Y. (2004). Pengembangan Profesionalisme dosen Dalam rangka Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Depdiknas.

Mohammadi, M. & Moradi, K. (2017). Exploring Change in EFL Teachers Perceptions of Professional Development. Journal of Teacher Education for Sustainability, Volume 19 Issue 1, pp. 22 – 42, DOI: 10.1515/jtes-2017-0002

Pratiya. (2008). Kontribusi Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Siswa SMA Negri 1 Karangnongko Kabupaten Klaten. Tesis Pogram Pascasarjana. Surakarta

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: BP Cipta Jaya.

Setiawan, A.F. (2016), Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen fakultas ekonomi universitas atma jaya yogyakarta (Doctoral dissertation,UAJY). Diakses tanggal 14 oktober 2016).

Sarjono, Yetti. (2007). Faktor-faktor Strategi Pelayanan Dosen dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2005-2006. Varidika, 9(1).

Schneider, Mark. (2002). Do school facilities affect Academic Outcomes. National Clearinghouse for Educational Facilities.

Sopiatin. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa, Bogor: Ghalia Indonesia.

Srinadi.(2008) Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXVII.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: BP Cipta Jaya.

Van Hong, B., Tuyen, T., & Luong, N. T. (2018). Teaching Capacity of Technology Teachers: Applying in the Training Program of Technology Teacher in Vietnam. American Journal of Educational Research, 6(12), 1662-1667.

Zhang, X., & Ng, H. (2015) An effective model of teacher appraisal: Evidence from secondary schools in Shanghai, China, Educational Management Administration and Leadership.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2868

Article Metrics

Sari view : 272 times
PDF - 212 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.