COOPERATIVE DEVELOPMENT STRATEGY DENGAN ANALISIS SWOT PADA THE ISLAMIC COOPERATIVE OF PATTANI LIMITED DI CABANG PUSAT (THAILAND SELATAN)

Yahya Waehayee, M. Fany Alfarisi

Sari


Penelitian ini mengfokus pada strategi pengembangan koperasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan dalam meningkatkan kualitas koperasi yang optimal dan alternatif yang dapat dilakukan dalam pengembangan menggunakan analisis SWOT. Metode analisis data dalam penelitian ini terdari dari analisis kualitatif melalui wawancara langsung, analisis kuantitatif melalui kuesioner. Hasil penelitian ini terdapat bahwa posisi koperasi berada pada kuadran I, strategi pertumbuhan (agresif) pilihan yang tepat dalam perkembangan proyek agar lebih meningkat.

Kata Kunci: Strategi Bisnis, Analisis SWOT, Koperasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulrahman, D. I. (2018). Koperasi Al-Diwani. Saudara Pres Patani.

Aqmal, H. F. (2019). Diversifikasi Sebagai Strategi Korporasi Dan Dampaknya Terhadap Sustainability Business Performance ( Studi Kasus Pada CV . Rajasa Mas Jaya Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap ). Skripsi.Prodi Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Purwokerto.

Asiyah, D. N. (2020). Analisis SWOT Tahun 2017 Sebagai Pertimbangan Menetapkan Strategi Tahun 2018-2020 Pada PT. Asfiyak Graha Medika. Simki-Economic, 1(5), Pp 1-15.

Barati, A. A., Kalantari, K., Nazari, M. R., & Asadi, A. (2017). A hybrid method (ANP-SWOT) to formulate and choose strategic alternatives for development of rural cooperatives in Iran. Journal of Agricultural Science and Technology, 19(4), Pp 757-769. https://www.researchgate.net/publication/316957053

Carvalho, A. D. de. (2012). The Cooperative Development And Strategy. International Journal of Accounting and Financial Reporting, 2(1), Pp 191-202. https://doi.org/10.5296/ijafr.v2i1.1563

Gandhy, A., & Kurniawati, S. D. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Susu Bogor, Jawa Barat. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 8(1), Pp 15-31. https://doi.org/10.30588/jmp.v8i1.376

Hadi, W. (2021). 33ปีสหกรณ์อิสลามปัตตานีทิศทางและอนาคตทางการเงินของคนจชต. In www.pataninotes.com. https://pataninotes.com/33-ปีสหกรณ์อิสลามปัตตานี/

Harmoyo, D. (2012). Manajemen Strategi Koperasi Jasa Keuangan Mikro Syariah ( KJKS ) Studi Kasus di Baitul Mal W at tamwil ( BMT ) Syariah Sejahtera Boyolali. Jurnal Muqtasid, Manajemen Strategi Koperasi Jasa Keuangan Mikro Syariah., 3(2), Pp 299-317.

J. David Hunger, T. L. W. (2003). Strategic Management. Company Inc. Copyright 1996. Andi.

Koperasi, P. (2019). การประชุมใหญ่สามัญประจำปี.

Moon, S., & Lee, S. H. (2020). A strategy for sustainable development of cooperatives in developing countries: The success and failure case of agricultural cooperatives in musambira sector, Rwanda. International Journal of Sustainability (Switzerland), 12(20), Pp 1-24. https://doi.org/10.3390/su12208632

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA, 14(2), Pp 102-209.

Nur-Syamsudin, B. (2012). Koperasi Syariah teori dan praktik. Pustaka Aufa Media.

Okfi, R. (2020). A The Strategy of Syariah Cooperative Development in Padang Panjang City. AL-FALAH : Journal of Islamic Economics, 5(1), Pp 130-148. https://doi.org/10.29240/alfalah.v5i1.1643

Reza, F., Santoso, B., & Dewi, E. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business., 4(2), Pp 301-307. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Rusli. (2018). Middle-Class Housing Industry Management And Development Strategy (Case Study Of Pt. Baruga Asrinusa Development). Tesis.Program Magister Manajemen. Universitas Hasanuddin Makassar.

Sofian. (2018). Koperasi Syariah Sebagai Solusi Keuangan Masyarakat: Antara Religiusitas, Trend, Dan Kemudahan Layanan. In IRWNS-Industrial Research Workshop and National Seminar.

Subekti, L., Suryono, A., & Hadi, M. (2013). Implementasi Strategi Pembinaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(1), Pp 85-92.

Toyib, J. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Manokwari. JMM UNRAM - Master of Management Journal, 7(4), Pp 101-112. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i4.349

Vlados, C. (2019). On a correlative and evolutionary SWOT analysis. Journal of Strategy and Management, 12(3), Pp 347-363. https://doi.org/10.1108/JSMA-02-2019-0026

Wanhamad, W. (2021). Pertanyaan Mengenai Dampak Wabah Covid-19 dan Strategi Pengembangan Koperasi Islam Patani Berhad. Wawancara Dengan Manajer Koperasi Islam Patani, 5 May 2021, diakses pada jam 13.33 WIB.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2787

Article Metrics

Sari view : 208 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.