PENGEMBANGAN KETERAMPILAN 4C MELALUI MODEL PRESENTASI BIOGRAFI TOKOH DALAM BENTUK VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 PASAMAN

Erniwati Erniwati

Sari


Pembelajaran aktif siswa sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Tidak ada proses belajar mengajar tanpa partisipasi siswa. Berbagai masalah siswa ditemukan di kelas kita baik itu berasal dari siswa atau guru. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan partisipasi siswa juga menurun. Masalah penelitian yang akan dikaji adalah tentang dapatkah pengembangan keterampilan empat C dengan menyajikan video pembelajaran biografi pahlawan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA3 di SMAN 1 Pasaman?. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah di SMAN 1 Pasaman dengan menerapkan teknik ini. Penelitian ini dilakukan selama dua periode yang masing-masing periode terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian adalah kelas XI MIPA3 di SMAN 1 Pasaman data diperoleh dari data kuantitatif dan data kualitatif, setiap siklus menghasilkan data: pada pertemuan pertama partisipasi siswa meningkat dari 72% menjadi 84%. Pertemuan kedua, siswa mendapatkan master learning meningkat dari 19 siswa (58%) menjadi 29 siswa (85%) dengan nilai rata-rata 78. Kesimpulan dari penelitian tindakan ini adalah dengan menyajikan video pembelajaran biografi pahlawan memiliki efek positif. Teknik ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah Kata kunci: Pengembangan keterampilan empat C, penyajian biografi pahlawan, video pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2005. Manajeman Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_______, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto.2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Rusman (2012) Belajar dan Pembelajaran berbasis Kompoter Mengembangkan profesional Guru Abad 21. Bandung. Alfabeta.

Slamento 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Utari, Retno. 2018. Pengembangan Keterampilan 4 C melalui Pembelajaran Sosiodrama dalam Bentuk Video Pembelaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman. Jurnal Edukasi. Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Wina, Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2774

Article Metrics

Sari view : 141 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.