INVENTARISASI DAN KARAKTERISASI MELINJO (Gnetum gnemon) Di KOTA SOLOK

Erma Suryani, Zulkarnain Zulkarnain

Sari


Tanaman melinjo (Gnetum gnemon) seluruh bagian tanamannya mempunyai manfaat, mulai dari batang, daun, bunga dan buahnya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Untuk itu telah dilakukan penelitian untuk mengetahui keragaman genetik dari tanaman melinjo di Kota Solok dengan metoda survai, pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan syarat-syarat yang telah ditentukan yaitu tanaman yang telah berumur diatas 25 tahun , tumbuh baik dan berproduksi tinggi. Pohon terpilih diberi label diamati habitusnya, sifat morfologi pohon dan daun. Hasil survai telah didapatkan sebanyak 17 nomor aksesi terpilih di kecamatan Tanjung Harapan sedangkan pada kecamatan Lubuk Sikarah sebanyak 1 nomor aksesi terpilih. Yang ditanam didaerah datar dan pada tanah jenis Ultisol didapat 13 nomor serta pada tanah jenis Andosol sebanyak 5 nomor. Dengan bentuk tajuk pyramid , selinder dan Oval. Kata Kunci: Inventarisasi, Karakterisasi, Melinjo

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barat, B. S. (2018). Propinsi Sumatera Barat Dalam Angka 2018. (B. P. S. P. S. Barat, Ed.) (1 ed.). Sumatera Barat: CV . Graphic Dwipa (Cetakan I : Edition I). Kurniawan, H. (2005). Buku Pedoman Pengeloloan Plasma Nutfah Perkebunan. Mukhlisah. Andi Nurul. (2014). Pengaruh Level Ekstrak Daun Melinjo (Gnetum gnemon Linn) dan Lama Penyimpanan Yang Berbeda terhadap Kualitas Telur Itik. Hasanuddin Makasar. Mulawarman, Roshetko, J., Sasongko, S. M., & Iriantono, dan D. (2002). Sumber Benih, Pengumpulan dan Penanganan Benih. In Mulawarman, J. Roshetko, S. M. Sasongko, & dan D. Iriantono (Ed.), Pedoman Lapang untuk Petugas dan Petani. INTERNATIONAL CENTRE FOR RESEARCH IN AGROFORESTRY DAN WINROCK INTERNATIONAL (hal. 1–46). International Centre for Research in Agroforestry.

Pandin, D. S. (2009). Keragaman Genetik Kultivar Kelapa Dalam Mapanget ( DMT ) dan Dalam Tenga ( DTA ) Berdasarkan Penanda Random Amplified Polymorphic DNA ( RAPD ). Buletin Palma, (36), 17–29. Sri Lestari dan Muharfiza. (2015). Karakterisasi FisikokimiaKerupuk Melinjo sebagai Upaya Diversifikasi Produk Olahan Melinjo. PROS SEM NAS MASY BIODIV INDON, 1(2013), 131–135. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010122 Taroreh, T. N. C., Rumampuk, J. F., & Siagian, K. V. (2016). Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Melinjo (Gnetum gnemon) terhadap Pertumbuhan Bakteri Streptococcus mutans. Jurnal Ilmiah Farmasi, 5(3), 160-166-.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2594

Article Metrics

Sari view : 1373 times
PDF - 7206 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.