MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LACAK KATA DI KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 7 PADANG

Daswita Daswita

Sari


Penelitian tindakan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model lacak kata dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA N 7 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran di sekolah. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA N 7 Padang pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Ada tiga siklus dalam penelitian ini, Setiap siklus dilakukan dalam empat tahapan kegiatan, yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan pemantulan. Analisis tiap siklus didasarkan pada hasil tes untuk melihat kemampuan kognitif dan hasil pengamatan u­­ntuk mengetahui sikap dan minat siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model lacak kata dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Hal ini terlihat dari kecendrungan peningkatan hasil belajar dan minat siswa setiap siklus.

Kata kunci : minat belajat, lacak kata, mata pelajaran Bahasa Indonesia


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamalik, Oemar. 2005. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Edisi III Bandung: Tarsito

_____________. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: Bumi Aksara

Hidayah, Nur. 2013. Panduan Praktis Penyusunan Pelaporan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Hopkins, David. 1993. A. Teacher Guide to Classroom Research. Philadelpia: Open University Press

Kesuma, Ameliasari T .2013. Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta : Essensi Erlangga Group

Margono.2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud No.23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud No.24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Risda.2003. Studi Perbandingan antara Pembelajaran Siswa dengan Pemberian Tugas dalam Bentuk Cross Word ( TTS) dan Bentuk Pertanyaan Biasa pada Penguasaan Konsep Metabolisme Sel. ( Laporan Hasil Penelitian)

Semiawan, Cony. 2000. Psikologi Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Silberman, Melvin L. 2005Active Learning ( 101 Cara Belajar Siswa akrif) . Terjemahan: Raisul Muttaqien . Bandung: Nusamedia

Soewoto. 2000. Laporan akhir Penelitian Tindakan Kelas:Penggunaan Media Gambar Transparan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III IPA SMA Negeri 7 Malang

Stix, Andi dan Hrbek Frank.2007. Guru Sebagai Pelatih Kelas. Jakarta: Erlangga

Sujanto, Agus. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara

Suryabrata. Sumadi. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Trisupeni. 1994. Paket Inservis Tinjau Kurikulum. Jakarta: Depdiknas

Guntur Tarigan, Hendri. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa

Winkel.W.S..1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2577

Article Metrics

Sari view : 302 times
PDF - 189 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.