MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LACAK KATA DI KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 7 PADANG
Sari
Penelitian tindakan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model lacak kata dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA N 7 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran di sekolah. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA N 7 Padang pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Ada tiga siklus dalam penelitian ini, Setiap siklus dilakukan dalam empat tahapan kegiatan, yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan pemantulan. Analisis tiap siklus didasarkan pada hasil tes untuk melihat kemampuan kognitif dan hasil pengamatan untuk mengetahui sikap dan minat siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model lacak kata dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Hal ini terlihat dari kecendrungan peningkatan hasil belajar dan minat siswa setiap siklus.
Kata kunci : minat belajat, lacak kata, mata pelajaran Bahasa Indonesia
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hamalik, Oemar. 2005. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Edisi III Bandung: Tarsito
_____________. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: Bumi Aksara
Hidayah, Nur. 2013. Panduan Praktis Penyusunan Pelaporan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Hopkins, David. 1993. A. Teacher Guide to Classroom Research. Philadelpia: Open University Press
Kesuma, Ameliasari T .2013. Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta : Essensi Erlangga Group
Margono.2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud No.23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud No.24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013
Risda.2003. Studi Perbandingan antara Pembelajaran Siswa dengan Pemberian Tugas dalam Bentuk Cross Word ( TTS) dan Bentuk Pertanyaan Biasa pada Penguasaan Konsep Metabolisme Sel. ( Laporan Hasil Penelitian)
Semiawan, Cony. 2000. Psikologi Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Silberman, Melvin L. 2005Active Learning ( 101 Cara Belajar Siswa akrif) . Terjemahan: Raisul Muttaqien . Bandung: Nusamedia
Soewoto. 2000. Laporan akhir Penelitian Tindakan Kelas:Penggunaan Media Gambar Transparan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III IPA SMA Negeri 7 Malang
Stix, Andi dan Hrbek Frank.2007. Guru Sebagai Pelatih Kelas. Jakarta: Erlangga
Sujanto, Agus. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara
Suryabrata. Sumadi. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
Trisupeni. 1994. Paket Inservis Tinjau Kurikulum. Jakarta: Depdiknas
Guntur Tarigan, Hendri. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa
Winkel.W.S..1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2577
Article Metrics
Sari view : 302 timesPDF - 189 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.