ANALISIS PARTISIPASI WARGA MISKIN DALAM PERUMUSAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NAGARI DI NAGARI TANJUANG ALAM DAN NAGARI SUMANIK KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2018

Ari Ashadi, Afrizal Afrizal, Rusda Khairati

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengamanatkan perlunya partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan termasuk partisipasi warga miskin. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan ruang lingkup dan kedalaman partisipasi orang miskin dalam pembangunan nagari serta menganalisis proses penyelenggaraan perencanaan pembangunan nagari dalam pelibatan multistakeholder di Nagari Tanjuang Alam dan Nagari Sumanik Kabupaten Tanah Datar. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana data primer yang bersumber dari responden menjadi data pokok untuk menjawab permasalahan yang dipertanyakan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap informan kunci serta warga miskin di Nagari Tanjuang Alam dan Nagari Sumanik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang lingkup partisipasi masyarakat miskin dan proses penyelenggaraan perencanaan pembangunan nagari dalam pelibatan multistakeholder dalam perumusan perencanaan pembangunan nagari baik di Nagari Tanjuang Alam maupun di Nagari Sumanik telah sesuai dengan Permendagri 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa. Untuk kedalaman partisipasi orang miskin dari 9 (Sembilan) indikator terdapat 2 (dua) perbedaan antara nagari Tanjuang Alam dan Nagari Sumanik yaitu dilihat dari sisi cara keterlibatan warga miskin dan tingkat efektifitas partisipasi.
Kata Kunci: partisipasi, perencanaan, kemiskinan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, Isbandi Rukminto. 2001. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta.: Lembaga Penelitian FE-UI.

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Conyers, Diana. 1994. Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga : Suatu Pengantar. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Riyadi dan Bratakusumah, D.S. 2004. Perencanaan Pembangunan Daerah, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).

Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Purnamasari, Irma. 2008. Studi Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Tesis, Universitas Dipenogoro, Semarang.

Sjafrizal. 2014. Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi. Jakarta: Rajawali Pers.

Laksana, Nuring Septyasa. 2013. Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Program Desa Siaga Di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan dan manajemen Publik, ISSN 2303-341X.

Permendagri 114 tahun 2004 tentang Pedoman Pembangunan Desa.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2527

Article Metrics

Sari view : 12 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter