PENGARUH TERAPI RELAKSASI BENSON TERHADAP TEKANAN DARAH SISTOLE PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI

Febriyanti Febriyanti, Viki Yusri, Nova Fridalni

Sari


Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah diatas normal. Hipertensi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan lansia, sehingga dapat menyebabkan komplikasi dan penyakit kardiovaskuler bila tidak ditangani dengan tepat. Hipertensi sebagian besar 80% di sebabkan oleh faktor idiopatik, sedangkan faktor yang dapat menjadi pencetus hipertensi sekitar 24% adalah perokok berat, 16% diabetes mellitus, dan 62 % karena kolesterol tinggi. Faktor kebiasaan lain yang dapat mengakibatkan hipertensi adalah pecandu alkohol, stress tinggi, makanan tinggi natrium dan kurangnya aktifitas. Seseorang yang menderita hipertensi memiliki resiko stroke tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan seseorang yang memiliki tekanan darah normal atau rendah. Terapi non farmakologi untuk menurunkan tekanan darah salah satunya melakukan terapi relaksasi Benson. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi relaksasi Benson terhadap tekanan darah sistole pada lansia dengan hipertensi di Kelurahan Lubuk Lintah RW I Kecamatan Kuranji Padang. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian pre eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengolahan data dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terapi Benson terhadap penurunan tekanan darah pada lansia yang mengalami hipertensi dengan nilai p-value 0,00. Lansia diharapkan mampu mengontrol tekanan darahnya sendiri terutama yang dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan terapi relaksasi Benson.
KataKunci:Tekanandarah, sistole,lansia, terapirelaksasi Benson

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Info DATIN Hipertensi Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

P2PTM Kemenkes RI. 2019. “Hari Hipertensi Dunia 2019.” http://p2ptm.kemenkes.go.id/kegiatan-p2ptm/pusat-/hari-hipertensi-dunia-2019-know-your-number-.

Balitbang Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013.

Sutrisno. 2005. Stroke, You Must Know Before You Get Its. Jakarta: Gramedia.

Dalimartha, Setiawan, and dkk. 2008. Care Your Self - Hipertensi. Jakarta: Penebar Plus.

Sutrasni. 2012. Hipertensi. Jakarta: Gramedia.

Sartika, Oktarina Dewi. 2017. “Pengaruh Relaksasi Benson Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Balai PSTW Unit Budi Luhur Yogyakarta.” Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Lingga. 2012. Bebas Hipertensi Tanpa Obat. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Benson, Herbert. 2000. Herbert Benson’s Relaxation Response. http://seftalbi.com/fitur/15-penentu-efektifitas-seft/herbert Benson relaxation meditation.

Kowalski. 2010. Terapi Hipertensi: Program 8 Minggu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dan Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dan Stroke Secara Alami. Bandung: Penerbit Qanita.

Sukarmin, and Rizka Himawan. 2015. “Relaksasi Benson Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Di Rumah Sakit Daerah Kudus.” Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan 6(3).

Maryam. 2008. Mengenal Usia Lanjut Dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Salafudin, and Sri Handayani. 2015. “Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Posyandu Lansia Larasati Dusun Wiyoro Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakarta.” Jurnal Kesehatan SAMODRA ILMU 6(2).

Ermawati. 2011. “Perubahan Lanjut Usia.” http://www.e-jurnal.com/2011/09/perubahan-pada-lanjut-usia.html. .

Junaedi, Edi. 2013. Hipertensi Kandas Berkat Herbal. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Purwati, Dewi, Maria Suryani, and Mamat Supriyono. 2012. “Perbedaan Tekanan Darah Sebelum Dan Sesudah Terapi Relaksasi Benson Pada Pasien Hipertensi, Di Wilayah Kerja Puskesmas Karangayu Semarang.” STIKES Telogorejo Semarang.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2508

Article Metrics

Sari view : 133 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter