FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Silvia Mona, Prasida Yunita

Sari


Prestasi belajar adalah istilah yang menunjukkan suatu derajat keberhasilan seseorang dalam proses belajar. Tinggi rendahnya prestasi yang dapat dicapai seseorang dalam belajar dipengaruhi beberapa faktor dimana faktor tersebut saling berhubngan satu dan lainnya, Rendahnya prestasi belajar yang disebabkan beberapa faktor seperti motivasi,minat, dan lingkungan sosial akan berdampak terhadap nilai IPK yang kurang memuaskan. Karena didunia pekerjaan membutuhkan orang-orang dengan nilai lulusan terbaik untuk mendapatkan keuntungan disebuah perusahaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar. Jenis penelitian menggunakan survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Polulasi penelitian ini seluruh mahasiswa tingkat 1 tediri dari 84 siswa, dengan jumlah sampel 74 responden, menggunakan teknik analisis Chi-Square. Penelitian menggunakan google form. Dari hasil penelitian terdapat 40 responden (81,6%) dengan motivasi tinggi mencapai prestasi belajar yang sangat memuaskan. Hasil uji statistik Chi-Square didapat p-value 0,000 < 0,05, maka ada hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar. Dari 45 responden (78,9%) dengan minat yang tinggi mencapai prestasi belajar yang sangat memuaskan Hasil uji statistik Chi-Square didapat p-value 0,000 < 0,05, maka ada hubungan antara minat dengan prestasi belajar. Dari 48 responden (70,6%) dengan lingkungan sosial yang tinggi mencapai prestasi belajar yang sangat memuaskan. Hasil uji statistik Chi-Square didapat p-value 0,001 < 0,05, maka ada hubungan antara lingkungan sosial dengan prestasi belajar. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar, hubungan antara minat dengan prestasi belajar, dan hubungan antara lingkungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa kedokteran tingkat I Universitas Batam Tahun 2019.
Kata kunci : Motivasi, Minat, Lingkungan Sosial, Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu, Ahmadi. 2013. Psikologi belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. dan M, Asrori. 2012. Psikologi remaja perkembangan peserta didik, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2016. Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian pendidikan metode dan paradigma baru. remaja, Bandung: Rosda Karya.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Baron, A. Robert & Byrne, Donn. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: PT.Erlangga

Efriana, Cut. 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswi Tingkat II Program Studi Diploma Iii Kebidanan Stikes u’budiyah Banda Aceh.

Dalyono. 2012. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, 2012. Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron, M.N, dan S.R. Risnawati. 2013. Gaya belajar kajian teoretik. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah, B, Uno. 2016. Teori motivasi dan pengukurannya analisis dibidang pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hidayat, A, A. 2014. Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Jakarta: Salemba Medika

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isriani, H dan D, Puspitasari. 2012. Strategi pembelajaran tepadu. Yogyakarta: FAMILIA.

Khairani, Makmun. 2014. Psikologi pelajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marquis, B.L & Huston C.J. 2013. Kepemimpinan dan manajemen keperawatan. Alih bahasa Widyawati, dkk. Jakrta: EGC.

Notoatmojo, Soekidjo. 2018, Metode penelitian kesehatan, Jakarta: PT.Rineka cipta.

Pratiwi. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa di Program Studi Diploma III Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.

Prawira, P. Atmaja. 2014. Psikologi pendidikan dalam perspekif baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sadulloh, U. 2014. Pedagogik (ilmu mendidik).Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2014. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Schunk, D. H. Paul, R. Pintrich dan Judith L. Meece. 2012. Motivasi dalam pendidikan: teori, penelitian dan aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung : Alfabeta, CV

Suhana, Cucu. 2014. Konsep strategi pembelajaran (edisi revisi). Bandung: Refika Aditama.

Suardi, M. 2015. Belajar dan pembelajaran (Edisi 1). Yogyakarta: Deeppublish.

Sohilait. 2016. Hubungan keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2016 fakultas kedokteran universitas sam ratulangi.

Syah, Muhhibin. 2012. Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grapindo.

Taniredja, T. Irma, Pujiati, dan Nyata. 2013. Penelitian tindakan kelas untuk pengembangan profesi guru. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi belajar. Jakarta: RajawaliPers.

Wina, Sanjaya. 2013. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel. 2011. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2410

Article Metrics

Sari view : 2676 times
PDF - 2818 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.