HUBUNGAN KOMUNIKASI, BUDAYA ORGANISASI, DAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA PERAWATDI RUMAH SAKIT UMUM ‘AISYIYAH PADANG

Mandria Yundelfa, Jeki Refialdinata, Budi Haryono

Sari


Di rumah sakit, perawat merupakan profesi kesehatan yang jumlahnya lebih banyak dan lebih sering berinteraksi dengan pasien ataupun keluarga pasien dibandingkan dengan profesi lain. Perawat dalam melaksanakan kinerjanya disamping dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam berupa kepribadian, kompetensi, dan motivasi, juga dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar meliputi komunikasi, budaya organisasi, dan kepemimpinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi, budaya organisai, dan kepemimpinan dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Padang.
Penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Padang Provinsi Sumatera Barat pada Bulan Oktober sampai dengan Bulan Desember 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 57 orang perawat RSU ‘Aisyiyah Padang. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji chi-square menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kategori kurang baik, komunikasi yang baik, budaya organisasi yang baik, dan kepemimpinan yang baik memiliki keterkaitan yang erat dengan kinerja yang baik di RSU ‘Aisyiyah Padang. Selanjutnya, setelah dilakukan analisis didapatkan bahwa komunikasi perawat, dan kepemimpinan perawat memiliki hubungan dengan kinerja perawat (p<0,05). Sedangkan budaya organisasi tidak memiliki hubungan dengan kinerja perawat (p>0,05). Hal ini menjelaskan bahwa komunikasi dan kepemimpinan di RSU ‘Aisyiyah Padang telah berjalan dengan baik dalam meningkatkan kinerja perawat. Tidak ada keterkaitan antara budaya organisasi dengan kinerja perawat mungkin disebabkan belum teraplikasinya sepenuhnya nilai-nilai budaya organisasi yang ada di RSU ‘Aisyiyah Padang. Peneliti selanjutnya hendaknya mengkaji tentang nilai-nilai budaya organisasi RSU ‘Aisyiyah Padang dan keefektifannya terhadap kinerja perawat.

Kata kunci: Kinerja perawat; komunikasi; budaya organisasi; kepemimpinan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A. Z., Hamzah, A., & Mulyono, M. H. (2013). Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Tingkat IIIAmbon. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Indonesia, 2(1), 8270.

Aeni, I., Hidayati, S., & Hakim, A. R. (2013). Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Kepala Ruang dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Bhakti Asih Brebes. Bhamada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 3(1), 10-10.

Ahmed, T., Assefa, N., Demisie, A., & Kenay, A. (2014). Levels of adult patients' satisfaction with nursing care in selected public hospitals in ethiopia.International journal of health sciences, 8(4), 371–379.

Anoraga, Pandji dan Suryati.2008.Perilaku keorganisasian. Jakarta, PT Pustaka jaya Jakarta.

Aranda, A., Alwie, A. P., & Fitri, K. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Pada Perawat Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. JOM Fekon, 4(1), 1045-1509.

Azwar, A. (2013). Pengantar administrasi Pelayanan Kesehatan. 4rd ed, Jakarta, Binarupa aksara.

Darsana, I. W., Sudja, I. N., & Yuesti, A. (2019). The Role of Work Satisfaction Mediation in Determining Competency Effects, Career Development and Work Stress on Nursing Performance in Applying Professional Nursing Models in The SoulHospitalBali Province. International Journal of Sustainability, Education, and Global Creative Economic, 2(2), 37-50.

Hafid, M. A. (2014). Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis Dalam Pelayanan Keperawatan Di RSUD Syech Yusuf Kab. Gowa. Jurnal kesehatan, 7(2).

Im, S. I., Park, J., & Kim, H. S. (2012).The effects of nurse's communication and self-leadership on nursing performance. Korean Journal of Occupational Health Nursing, 21(3), 274-282.

Iskandar & Yuhansyah. (2018). Pengaruh motivasi dan ketidakamanan kerja terhadap penilaian kerja yang berdampak kepada kepuasan kerja. Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Karaca, A., & Durna, Z. (2019). Patient satisfaction with the quality of nursing care. Nursing open, 6(2), 535–545.

Kartono, K. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Komara, A. H. (2007). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, strategi organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai (studi pada Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Propinsi Riau). Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Volume1, (1).

Lina, D. (2014). Analisis pengaruh kepemimpinan dan budaya Organisasi terhadap kinerja pegawai dengan sistem Reward sebagai variabel moderating. JRAB: Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 14(1).

Lousyiana, T. T. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 7(3), 509.

Luthan. (2007). Perilaku Organisasi. Penerbit ANDI,Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodelogi penelitian kesehatan, Jakarta: Rineka cipta.

Rivai, V& Sagaal, E. J. (2009). Manajemen Sumber daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. 3 ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rudianti, Y., Handiyani, H., & Sabri, L. (2013). Peningkatan kinerja perawat pelaksana melalui komunikasi organisasi di ruang rawat inap rumah sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 16(1), 25-32.

Robbins, S. P. (2010). Prinsip- prinsip perilaku organisasi.5 ed, erlangga, Jakarta.

Sabri, P. S. U., Ilyas, M., & Amjad, Z. (2011). Organizational culture and its impact on the job satisfaction of the University teachers of Lahore. International Journal of Business and Social Science, 2(24).

Saleh, M. (2016). Komunikasi dalam Kepemimpinan Organisasi. Malang: UB Press

Syauta, J. H., Troena, E. A., & Margono Setiawan, S. (2012). The influence of organizational culture, organizational commitment to job satisfaction and employee performance (study at municipal waterworks of Jayapura, PapuaIndonesia). International Journal of Business and Management Invention, 1(1), 69-76.

Sucipto, E., & Pamungkas, R. C. (2011). Hubungan Pelayanan Keperawatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Marwah RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal Tahun 2010. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Wiarawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta, Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.2002

Article Metrics

Sari view : 1120 times
PDF - 859 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.