Analisis Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan Restoran Di Grand Rocky Hotel Bukittinggi
Sari
Yos Sudarso No. 29 Benteng Bukittinggi Sumatera Barat. Restoran di Grand Rocky Hotel Bukittinggi
bernama Eva’s Restoran, yang memiliki kapasitas 120 seat. Dalam operasional sebuah restoran kita
harus memperhatikan loyalitas dan kinerja karyawan. Indikator loyalitas meliputi ketaatan atau
kepatuhan, tanggung jawab, pengabdian dan kejujuran (Syaidam, 2000:484). Indikator kinerja
meliputi kualitas, kuantitas, ketetapan waktu, efektivitas dan kemandirian (Robbins, 2006:260).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif
adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat pospositivisme, digunakan untuk meneliti
pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah
sebagai instrument kunci (Sugiyono, 2014:9). Populasi penelitian ini meliputi seluruh karyawan di
Eva’s Restoran Grand Rocky Hotel Bukittinggi yang berjumlah 13 orang yang meliputi loyalitas
terhadap kinerja karyawan.
Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa karyawan Eva’s Restoran sangat
loyal, karena dilihat dari segi tanggung jawab, pengabdian dan kejujuran. Sedangkan kinerja karyawan
Eva’s Restoran yang dilihat dari kualitas dan kuantitas belum baik, tetapi dalam segi ketepatan waktu
dalam melayani tamu, efektifitas dan kemandirian sudah baik.
Kata Kunci: Loyalitas, Kinerja
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amstrong dan Baron 1998. Performance Management: The New Realities. New York: Institute of
Personnel and Development
Arikunto, Suharsimi 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Bagyono 2007. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabeta
Brown, Grahan dan Karon Hepner 2000. The waiter’s handbook. Australia :Hospitality press
Dinda Ayuningsih, 2013/06, journal tugas dan tanggung jawab bagian food,
http://dindaayuningsih.blogspot.com/2013/06/tugasdan-tanggung-jawab-bagian-food.html
Lillicrap, Dennis and John Cousins 2006, Food and Beverage Service. London: Hodder Arnold
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu 2006, Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama
Mangkunegara.A.A Anwar Prabu 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
PRobbins, Stephen P 2006, Perilaku Organisasi (Terjemahan Benjamin Molan). Jakarta: PT. Indeks
Sambodo, Agus dan Bagyono 2006, Dasar-Dasar Kantor Depan. Yogyakarta: Andi
Saydam, Gouzali 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management Jilid 2).
Jakarta: PT Toko Gunung Agung
Streers, R.M dan Porter, L.W 1983, Motivational and Work Behavior. New York: Mc Graw Hill Book
Company
Sugiyono 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM 37/PW – 340/MPPT – 86
Teguh, Ambar 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu
WA, Marsum 2005, Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Wibowo, Prof. Dr. S.E.,M.Phil 2011, Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers
Wijaya, Amin Tunggal 2007, Audit Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta
Wiwoho, Ardjuno 2008. Tata Hidang. Jakarta: Erlangga Group
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v10i60-65.1854
Article Metrics
Sari view : 175 timesPDF - 720 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.