Analisis Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan Restoran Di Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Wina Asty, Krismawati Krismawati

Sari


Grand Rocky Hotel Bukittinggi merupakan salah satu hotel bintang 4 (****) yang terletak di Jl.
Yos Sudarso No. 29 Benteng Bukittinggi Sumatera Barat. Restoran di Grand Rocky Hotel Bukittinggi
bernama Eva’s Restoran, yang memiliki kapasitas 120 seat. Dalam operasional sebuah restoran kita
harus memperhatikan loyalitas dan kinerja karyawan. Indikator loyalitas meliputi ketaatan atau
kepatuhan, tanggung jawab, pengabdian dan kejujuran (Syaidam, 2000:484). Indikator kinerja
meliputi kualitas, kuantitas, ketetapan waktu, efektivitas dan kemandirian (Robbins, 2006:260).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif
adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat pospositivisme, digunakan untuk meneliti
pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah
sebagai instrument kunci (Sugiyono, 2014:9). Populasi penelitian ini meliputi seluruh karyawan di
Eva’s Restoran Grand Rocky Hotel Bukittinggi yang berjumlah 13 orang yang meliputi loyalitas
terhadap kinerja karyawan.
Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa karyawan Eva’s Restoran sangat
loyal, karena dilihat dari segi tanggung jawab, pengabdian dan kejujuran. Sedangkan kinerja karyawan
Eva’s Restoran yang dilihat dari kualitas dan kuantitas belum baik, tetapi dalam segi ketepatan waktu
dalam melayani tamu, efektifitas dan kemandirian sudah baik.
Kata Kunci: Loyalitas, Kinerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amstrong dan Baron 1998. Performance Management: The New Realities. New York: Institute of

Personnel and Development

Arikunto, Suharsimi 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Bagyono 2007. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabeta

Brown, Grahan dan Karon Hepner 2000. The waiter’s handbook. Australia :Hospitality press

Dinda Ayuningsih, 2013/06, journal tugas dan tanggung jawab bagian food,

http://dindaayuningsih.blogspot.com/2013/06/tugasdan-tanggung-jawab-bagian-food.html

Lillicrap, Dennis and John Cousins 2006, Food and Beverage Service. London: Hodder Arnold

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu 2006, Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama

Mangkunegara.A.A Anwar Prabu 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya

PRobbins, Stephen P 2006, Perilaku Organisasi (Terjemahan Benjamin Molan). Jakarta: PT. Indeks

Sambodo, Agus dan Bagyono 2006, Dasar-Dasar Kantor Depan. Yogyakarta: Andi

Saydam, Gouzali 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management Jilid 2).

Jakarta: PT Toko Gunung Agung

Streers, R.M dan Porter, L.W 1983, Motivational and Work Behavior. New York: Mc Graw Hill Book

Company

Sugiyono 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM 37/PW – 340/MPPT – 86

Teguh, Ambar 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu

WA, Marsum 2005, Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Wibowo, Prof. Dr. S.E.,M.Phil 2011, Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers

Wijaya, Amin Tunggal 2007, Audit Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta

Wiwoho, Ardjuno 2008. Tata Hidang. Jakarta: Erlangga Group




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v10i60-65.1854

Article Metrics

Sari view : 175 times
PDF - 720 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.