INOVASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE GROUP INVESTIGASI PADA MATA KULIAH TAILORING

Yasnidawati Yasnidawati

Sari


Abstrak: Tujuan pengusulan dana hibah ini adalah untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran pada mata kuliah Tailoring berbasis kreatif group investigasi pada jurusan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Bidang Tata Busana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pen`gembangan model Pembelajaran Creative Group Investigation pada mata Kuliah Tailoring yang telah diuji kelayakkannya. Untuk lebih jelasnya langkah pengembangan model Creative group investigation pada program studi Pendidikan PKK Busana dengan model ADDIE Penelitian ini merupakan pengembangan model pembelajaran Creative Group Investigation pada mata kuliah Tailoring dengan menggunakan ADDIE, di Program Studi PKK Tata Busana. Hasil pengembangan model pembelajaran Creative Group Investigation dinyatakan praktis. Buku dosen mendapat nilai rata-rata 4.50 terkategori praktis. dan buku mahasiswa dengan rata-rata 4.16 pada kategori sangat praktis. Kata Kunci: pembelajaran kreatif group investigasi. Mata kuliah tailoring

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


The Network Scientific Inquiry Resourcess and Connection. (2003). Group investigationi (Online). Tersedia: http:/fwww.pwes.edu/currieuluml sol/oupinves.htm, di akses 26 Juni 2011.

Sopiah Sangadji (2016) dengan judul “Implementation of Cooperative Learning with Group Investigation Model to Improve Learning Achievement of Vocational School Students inIndonesia. International Journal of Learning & Development ISSN 2164-4063 2016, Vol. 6, No. 1 S. Jongsermtrakoon dan J. Nasongkhla (2015) “A Group Investigation Learning System for Open Educational Resources to Enhance Student Teachers’ Digital Literacy and Awareness in Information Ethics. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 5, No. 10, October 2015. DOI: 10.7763/IJIET.2015.V5.611 Surya Puspita Sari, dkk. 2013. Pengembangan multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa Kelas 5 SDN Purworejo. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 2 (2) (2013). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet. ISSN 2252-7125 Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Yasnidawati. 2010. Keaktifan Belajar Mahasiswa Melalui Metode Demonstrasi dan Latihan Pada Pembelajaran Semi Tailoring. Artikel, Jurnal Pendidikan dan Keluarga, ISSN 2085-4285, Volume II, Nomor 4. KK UNP: Padang




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v13i11.1654

Article Metrics

Sari view : 260 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.