PENINGKATAN KOMPETENSI KOGNITIF MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DI KELAS X SMA NEGERI 1 ULAKAN TAPAKIS

Japemar Japemar

Sari


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar matematika. Hal ini disebabkan oleh kurangnya respon siswa dalam proses pembelajaran, matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan, banyak siswa membuat tugas dengan menyontek seperti banyaknya kesamaan jawaban antara satu dengan yang lainnya, jika bekerja dalam kelompok hanya satu siswa saja yang bekerja yang lain hanya numpang,siswa cendrung menghafal rumus bukan memahami konsep. Berdasarkan hal maka judul penelitian ini peningkatan kompetensi kognitif matematika siswa menggunakan pendekatan open ended dikelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Tujuan penelitian meningkatkan kompetensi kognitif matematika siswa menggunakan pendekatan open ended dikelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas X ipa 3 SMA N 1 Ulakan Tapakis tahun ajaran 2018/2019. Sujek penelitian adalah siswa kelas X ipa 3 dengan jumlah 35 orang. Penelitian dilakukan dua siklus. Prosedur penelitian tiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian adalah kompetensi kognitif. Intrumen penelitian tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian kompetensi kognitif siswa sebesar 56,15% siklus I meningkat menjadi 80,60% pada siklus II. Ini menunjukan terdapat peningkatan kompetensi kognitif siswa sebesar 24,45%.berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan kompetensi kognitif matematika siswa menggunakan pendekatan open ended dikelas X SMA N 1 Ulakan Tapakis. Kata kunci: pembelajaran,pendekatan open ended, kompetensi kognitif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriany, wed.2008. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 33 Padang’’. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program PascaSarjana UNP. Arikunto, Suharsimi.(2007).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Asrul, Karim.2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar: Edisi Khusus, (Online), No. 1, Dahar, R.W.1989. Teori – Teori Belajar. Jakarta : Erlangga. Darmansyah .2009. Penelitian Tindakan Kelas Pedoman Praktis Bagi Guru dan Dosen. Padang : UNP Pres. Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarata:Rineka Cipta. Evans, R. james.1994. Berfikir Kreatif . Jakarta: Bumi Aksara. Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press. Japemar. 2005. “Penerapan Model – Model Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Pariaman”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Madya, Suwarsih. 2007.Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas (action research) Bandung : ALFABETA. Mukhtar dan Iskandar. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta. Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Parwati, Ni nyoman. 2003. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended di Kelas 1 SMU Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Jurnal pendidikan dan pengajaran IKIP Negeri Singaraja, (Online). Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana. Sanjaya, Wina 2010 . Perencanaan dan Desain System Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sardiman, A.M.2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :PT Raja Gravindo Persada. Setiamihardja, Realin dan Kusmiyati. 2007. Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Portal jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, (Online). Sudjana, Nana.2008. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Suherman, Erman, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Matematika Kontempoer. Bandung : JICA _____________. 2011. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare jurnal pendidikan dan budaya, (Online). Suharsimi, Ari kunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Tim MKDK. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Padang: Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Padang Tim Penyusun. 2004. Buku Panduan Penulisan Tesis Dan Desertasi. Padang : Program Pascasarjana UNP. Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model – Model Pembelajaran. Jakarta: IPA Abong.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v13i11.1643

Article Metrics

Sari view : 151 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.