PENINGKATAN KOMPETENSI PSIKOMOTOR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ULAKAN TAPAKIS

Dasmita Dasmita

Sari


Abstrak :Permasalahan dalam penelitian ini adalah kompetensi siswa rendah terutama kompetensi psikomotor siswa. Partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang, siswa tidak mengekpresikan ide yang dimiliki, siswa melakukan kegiatan praktek di laboratorium dalam pembelajaran fisika sangat kurang,responsiswa dalam proses pmbelajaran kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi psikomotor siswa kelas X SMA N 1 Ulakan Tapakis menggunakan pendekatan open ended dengan metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ). Subjek penelitian adalah siswa kelas X.2 dengan jumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Prosedur penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian adalah kompetensi kompetensi psikomotor. Instrumen penelitian adalah lembar observasi untuk kompetensi psikomotor, catatan lapangan. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian adalahkompetensi psikomotor siswa sebesar 49,09% pada siklus I meningkat menjadi 84,45% pada siklus II. Ini menunjukkan terdapat peningkatan kompetensi psikomotor siswa sebesar 35,37%. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran menggunakan pendekatan open ended dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kompetensi siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriany, wed.2008. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 33 Padang’’. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program PascaSarjana UNP.

Arikunto, Suharsimi.(2007).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asrul, Karim.2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar: Edisi Khusus, (Online), No. 1, (http://jurnal.upi.edu/file/3-Asrul_Karim.pdf, di akses tanggal 22 september 20 11).

Dahar, R.W.1989. Teori – Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Darmansyah .2009. Penelitian Tindakan Kelas Pedoman Praktis Bagi Guru dan Dosen. Padang : UNP Pres.

Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarata:Rineka Cipta.

Evans, R. james.1994. Berfikir Kreatif . Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Japemar. 2005. “Penerapan Model – Model Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Pariaman”. Tesis tidak diterbitkan. Padang : Program Pascasarjana

Madya, Suwarsih. 2007.Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas (action research) Bandung : ALFABETA.

Mukhtar dan Iskandar. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Parwati, Ni nyoman. 2003. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended di Kelas 1 SMU Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Jurnal pendidikan dan pengajaran IKIP Negeri Singaraja, (Online), (http://etd.eprints.ums.ac.id/11038/2/1.pdf, diakses tanggal 2 Oktober 2011)

Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

___________ 2010 . Perencanaan dan Desain System Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M.2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :PT Raja Gravindo Persada.

Setiamihardja, Realin dan Kusmiyati. 2007. Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Portal jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, (Online), (http://www. penalaran-unm.org /index.php/publikasi-nalar/jurnal/220-pengaruh-open-ended problem-dalam-proses-pembelajaran-terhadap- kreativitas-dan-hasil-belajar-matematika-siswa.html, diakses tanggal 14 November 2011).

Sudjana, Nana.2008. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, Erman, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Matematika Kontempoer. Bandung : JICA

_____________. 2011. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare jurnal pendidikan dan budaya, (Online), (http://educare.e-fkipunla.net, diakses tanggal 4 agustus 2011).

Suharsimi, Ari kunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Tim MKDK. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Padang: Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Padang

Tim Penyusun. 2004. Buku Panduan Penulisan Tesis Dan Desertasi. Padang : Program Pascasarjana UNP.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model – Model Pembelajaran. Jakarta: IPA Abong.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v13i11.1639

Article Metrics

Sari view : 219 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.