PENINGKATAN KOMPETENSI PSIKOMOTOR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ULAKAN TAPAKIS
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adriany, wed.2008. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 33 Padang’’. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program PascaSarjana UNP.
Arikunto, Suharsimi.(2007).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asrul, Karim.2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar: Edisi Khusus, (Online), No. 1, (http://jurnal.upi.edu/file/3-Asrul_Karim.pdf, di akses tanggal 22 september 20 11).
Dahar, R.W.1989. Teori – Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Darmansyah .2009. Penelitian Tindakan Kelas Pedoman Praktis Bagi Guru dan Dosen. Padang : UNP Pres.
Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarata:Rineka Cipta.
Evans, R. james.1994. Berfikir Kreatif . Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.
Japemar. 2005. “Penerapan Model – Model Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Pariaman”. Tesis tidak diterbitkan. Padang : Program Pascasarjana
Madya, Suwarsih. 2007.Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas (action research) Bandung : ALFABETA.
Mukhtar dan Iskandar. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Parwati, Ni nyoman. 2003. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended di Kelas 1 SMU Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Jurnal pendidikan dan pengajaran IKIP Negeri Singaraja, (Online), (http://etd.eprints.ums.ac.id/11038/2/1.pdf, diakses tanggal 2 Oktober 2011)
Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
___________ 2010 . Perencanaan dan Desain System Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M.2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :PT Raja Gravindo Persada.
Setiamihardja, Realin dan Kusmiyati. 2007. Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Portal jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, (Online), (http://www. penalaran-unm.org /index.php/publikasi-nalar/jurnal/220-pengaruh-open-ended problem-dalam-proses-pembelajaran-terhadap- kreativitas-dan-hasil-belajar-matematika-siswa.html, diakses tanggal 14 November 2011).
Sudjana, Nana.2008. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suherman, Erman, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Matematika Kontempoer. Bandung : JICA
_____________. 2011. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare jurnal pendidikan dan budaya, (Online), (http://educare.e-fkipunla.net, diakses tanggal 4 agustus 2011).
Suharsimi, Ari kunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Tim MKDK. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Padang: Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Padang
Tim Penyusun. 2004. Buku Panduan Penulisan Tesis Dan Desertasi. Padang : Program Pascasarjana UNP.
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model – Model Pembelajaran. Jakarta: IPA Abong.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v13i11.1639
Article Metrics
Sari view : 219 timesPDF - 103 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.