STRATEGI PENINGKATAN KINERJA RECEPTIONIS DALAM PELAYANAN TAMU DINUANSA MANINJAU RESORT HOTEL
Sari
Abstrak: Industri pariwisata saat ini sangat penting peranannya baik bagi pemerintah yaitu untuk mendukung devisa negara maupun bagi masyarakat, karena para ahli adalah pakar pariwisata yang relatif dibutuhkan bagi industri pariwisata dalam mendukung pariwisata itu sendiri. Dengan banyaknya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, maka banyak peluang bisnis terbuka yang bergerak di bidang pariwisata seperti penginapan atau hotel. Aliran kunjungan wisata mengembira selalu mendukung promosi, demikian juga dengan hotel, restoran dan bisnis transportasi wisata dan bisnis lain yang mendukung sektor pariwisata juga mengalami kemajuan yang sangat baik. Secara umum, semua hotel, terutama hotel bintang satu hingga berlian bintang lima memiliki prinsip dasar yang sama dalam melayani tamunya yang sopan, ramah dan penuh perhatian. Tiga prinsip dasar melayani tamu ini tidak dapat dipisahkan dan telah terbukti menjadi kunci keberhasilan layanan yang memuaskan di sebuah hotel di tamunya. Salah satu bagian yang membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat diandalkan, akurat, gesit dan memiliki kemampuan untuk menangani dan memberikan layanan kepada para tamu adalah bagian penerimaan (Reception), yang merupakan salah satu bagian dari bagian front office (Front Office). Kata Kunci: Resepsionis, Karyawan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
AanSurachman, 1989 Pengetahuan Dasar Perhotelan, Jakarta: CV Deviri Ghanan Agustinus Darsono, 1992, Kantor Depan Hotel Fron Office, Jakarta : Grasindo Darmajanti 1992, Peraturan Internasional di bidang Hotel, Jakarta Endar Sugiarto, 1996, Pengantar dan Akomodasi Perhotelan : Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v13i10.1630
Article Metrics
Sari view : 726 timesPDF - 3244 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.