PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014 – 2018

Enny Arita, Rishendri Mukhtar

Sari


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas Terhadap CSR pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode 2014 – 2018. Yang menjadi objek penelitian adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014 – 2018. Data diperoleh dari laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman periode 2014 – 2018. Analisis ini diuji dengan menggunakan SPSS. Dari penelitian yang dilakukan diketahui berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa profitabilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap CSR karena nilai signifikan < 0.05. Sedangkan Likuiditas dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap CSR karena nilai signifikan > 0.05. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruhnya Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap CSR sebesar 13.6%, sedangkan sisanya sebesar 86.4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam model regresi penelitian ini.
Keywords: Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas dan CSR

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brigham, Eugene F.dan Joul F Houston. (2016). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Danu, Indrawan, Candra. (2011). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi Akuntansi Universitas Diponogoro. Semarang. 2011. Fahmi, Irham. (2011). Pengantar Pasar Modal. Alfabeta, Bandung. Fahrizqi, Anggara. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dalam Laporan Tahunan Perusahaan. Universitas Diponegoro, Semarang. Hadi, Nor. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers. Mukti, Achmad dan Kurnia. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Socal Responsibility. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. Vol. 4 No. 12. Periansya. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya. Priyatno, Duwi. (2011). Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS, Yogyakarta, MediaKom. Rosyadi, Risky Latif. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Sari, Riskia Anggita. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal / Volume I Nomor I / Tahun 2012. https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal /article/view/1002/805. Sartono, Agus. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi4. BPFE. Yogyakarta. Sekaran, Uma. (2014). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Research Methods for Business). Buku 1 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat. Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga, Jakarta. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: EKONISIA.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v13i10.1619

Article Metrics

Sari view : 2060 times
PDF - 2029 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.